News

Pelari dan Pemanjat Hebat, 'Black Panther' Tertangkap Kamera di Taman Nasional Semeru

Aisyah Isyana - 20/02/2018 15:15

Beritacenter.COM - Belakangan ini, warganet dihebohkan dengan sosok dua ekor macan tutul jawa yang tertangkap kamera pengintai di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Satu ekor memiliki corak kulit totol-totol, sementara satunya hitam pekat yang sering disebut macan kumbang (black panther).

Sebagaimana dijelaskan Erik Meijaard dalam Journal of Mammalogy, Volume 85 (2004) menulis bahwa macan tutul Jawa berbeda dengan spesies sejenis di Asia. Menurut Meijaard yang mengutip Hemmer H (1967), macan tutul Jawa ukuran totolnya lebih mirip dengan yang ada di Afrika ketimbang Asia.

Berdasarkan informasi berbagai sumber, diketahui bahwa macan tutul Jawa memiliki ukuran yang paling kecil. Meski begitu, ukuran kecil tak membuat subspesies itu tak kalah tangguh dengan yang lainnya.

Dalam hal indra penglihatan, macan tutul Jawa memiliki penglihatan dan penciuman yang tajam. Sementara untuk yang berkulit hitam (black panther), dapat menyaru dan beradaptasi dalam gelap dan ahli dalam memanjat pohon.

Black panther juga mampu berlari dengan kecepatan mencapai 58 km/jam (sedangkan harimau sekitar 49-65 km/jam). Lama hidup dari macan kumbang antara 12 hingga 17 tahun.

Macan kumbang merupakan jenis kucing paling besar yang masih eksis di alam liar Jawa. Sebelumnya ada pula harimau Jawa namun telah dinyatakan punah karena perburuan.

TAG TERKAIT :
Satwa Dilindungi Black Panther Macan Tutul Jawa Gunung Semeru Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Berita Lainnya