Software

Hati-hati!! Akun Facebook Tawarkan Pekerjaan Modus Baru Gerombolan Perampok

Anas Baidowi - 28/02/2018 16:34

Beritacenter.COM - Akun facebook palsu bernama 'Vivi Febrianti' kerap menawarkan pekerjaan dan berhasil menipu netizen dengan menjanjikan jadi SPG. Rupaya, pemilik facebook tersebut bernama Zainudinakbar (21), yang sengaja memanfaatkan akun palsu dengan modus tawarkan kerjaan.

Polisi berhasil menangkap pelaku bersama temannya Fuji Hartono yang bertindak sebagai penadah motor curian. Keduanya berhasil ditangkap petugas pada Rabu (28/2).

Tertangkapnya pelaku berawal dari laporan korban ke Mapolsek Tebet bahwa ia kehilangan motor Honda Scoopy dicuri akibat dikelabui kenalan facebook bernama 'Vivi Febrianti' yang ternyata pria di SPBU Pertamina Casablanca, Tebet, Jaksel.

“Tersangka di akun Facebooknya mengaku bernama Vivi, yang berperan sebagai sales Samsung. Kemudian korban di ajak komunikasi membahas pekerjaan, dan di arahkan ke figure leader bernama Doni (tersangka pemilik akun). Korban di ajak ketemuan dengan pelaku, tapi sepeda motornya malah dibawa kabur oleh tersangka,” kata Kapolres Jakarta Selatan Kombes Mardiaz Kusin Dwihananto.

Baca Juga:

Saat itu, lanjutnya, tersangka mengajak bertemu di Bidaracina dengan alasan akan memasukan korban bekerja sebagai SPG di Tomang, Jakbar. Sepeda motor milik korban di bawa tersangka sejak di Bidaracina dengan cara membonceng korban.

“Namun saat korban turun dari sepeda motor ke toilet SPBU , ternyata tersangka bawa kabur sepeda motor milik korban,” tuturnya. Barang bukti diamankan berupa motor beserta STNK Honda Scoopy milik korban, HP tersangka, KTP kedua tersangka.

Akibatnya tersangka terancam Pasal 363 dan 378 KUHP tentang Pencurian dengan pemberatan dan Penipuan dengan ancaman 9 tahun penjara.

TAG TERKAIT :
Facebook Akun Palsu

Berita Lainnya