News

Marak Kasus Dana Nasabah Hilang, Berikut Tips Hindari Kejahatan Skimming ATM

Aisyah Isyana - 17/03/2018 21:15

Beritacenter. COM - Masyarakat Indonesia tengah dihebohkan dengan kasus pembobolan dana nasabah di ATM dengan modus skimming. Metode skimming ini mengakibatkan uang nasabah mendadak terkuras oleh sindikat skimming ATM yang baru-baru ini dibekuk polisi.

Lantas adakah cara untuk menghindari kejahatan pembobolan ATM dengan modus skimming? Menanggapi kasus ini, Kepala Pusat Studi Forensika Digital Fakultas Teknik Industri Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Yudi Prayudi pun angkat bicarra.

Baca Juga :

Menurutnya, hal pertama yang dilakukan agar terhindar dari kejahatan skimming ATM, yakni menggunakan kartu ATM yang sudah memakai Chip EMV. Kedua, disarankan untuk memilih lokasi ATM yang terpantau keamanannya, seperti mesin ATM di kantor-kantor Bank.

Ketiga, jelas Yudi, sebelum mengambil uang hendaknya terlebih dahulu memantau kondisi sekitar ruang ATM, apakah ada benda mencurigakan. Jika ada sesuatu yang mencurigakan, baiknya tidak melakukan transaksi di ATM tersebut.

"Terakhir, monitor dengan seksama akun perbankan milik kita, bila ada transaksi penarikan uang yang mencurigakan dan diragukan, segera laporkan kepada pihak bank," katanya, Sabtu, 17 Maret 2018.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Kriminalitas Bobol ATM Skimming ATM

Berita Lainnya