Kesehatan

Hindari...! Makanan dan Minuman Berikut Yang Dapat Menyebabkan "Sakit Kepala"

Banyak faktor penyebab yang mengakibatkan sakit kepala, akan tetapi salah satu penyebab sakit kepala di pengaruhi oleh faktor makanan dan minuman.

Indah Pratiwi - 06/04/2018 20:13
FOKUS : Kesehatan

Beritacenter.COM - Sakit kepala bisa membuat orang tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Sakit kepala dapat mempengaruhi kesegala organ tubuh lainnya, tidak berfungsi dengan baik.

Banyak faktor penyebab yang mengakibatkan sakit kepala, akan tetapi salah satu penyebab sakit kepala di pengaruhi oleh faktor makanan dan minuman.

Berikut ini beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat memicu timbulnya sakit kepala diantaranya yaitu:

Coklat
Sebagian orang memiliki sensitifitas terhadap coklat yang dapat menimbulkan migrain atau sakit kepala. Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah studi yang menyatakan bahwa 5 dari 12 orang penderita migrain merasa sensitif terhadap coklat dan merasakan sakit yang lebih kuat setelah mengkonsumsinya baik berupa makanan ataupun minuman. Kandungan phenylethylamine diduga berpengaruh terhadap migrain. Kandungan senyawa tersebut bekerja sebagai stimulan terhadap sistem kinerja otak dan saraf sehinggan membuat otot menjadi tegang serta kepala terasa sakit.

Keju
Tiramin merupakan suatu jenis asam amino yang dianggap sebagai pemicu munculnya sakit kepala. Tiramin dalam keju dibentuk dari proses pemecahan kandungan protein. Kadar serotinin pada otak berkurang dan pembesaran pembuluh darah dapat terpengaruh sehingga munculah sakit kepala.

Kopi, teh dan minuman bersoda
Menurut beberapa literatul menyatakan bahwa kafein berfungsi untuk mendorong sirkulasi darah menuju otak dan membantu proses penyerapan efek analgetik dengan baik sehingga dapat mengobati migrain.

Baca Juga :

Akan tetapi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan akan memberikan efek buruk yang dapat memperbrat kinerja otak sehingga dapat menimbulkan sakit kepala yang semakin kuat.

Pisang
Pisang memiliki kandungan tyramine yang tinggi, sehingga bagi seseorang yang sensitif terhadap tyramine dapat menyebabkan sakit kepala.

Penyedap rasa
Penyedap rasa berupa MSG telah terbukti dapat menimbulkan beberapa keluhan kesehatan diantarnya kram perut, diare, dan sakit kepala yang hebat, sekitar 10 – 15 orang mengalami migrain. MSD memiliki kandungan berupa nitrat yang menyebabkan pelebaran pembuluh darah pada otak sehingga menimbulkan sakit kepala.

Minuman beralkohol
Minuman beralkohol dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya sakit kepala. Karena jenis minuman tersebut dapat mempengaruhi syaraf di otak sehingga menimbulkan rasa sakit di kepala.

Makanan dan minuman yang dingin
Menurut hasil penelitian menyatakan bahwa selama 90 detik mengulum es batu dalam mulut akan menimbulkan migrain. Hal ini dibuktiken oleh hasil riset yang dikembangkan di Department of Neurology, Kocaeli University, Faculty of Medicine tahun 2004 di Turku menunjukan bukti bahwa 74% dari orang yang memiliki migrain merasa sensitif terhadap makanan dan minuman yang bersifat dingin.

Pemanis buatan
Pada tahun 1988 hasil riset menyatakan bahwa pemanis buatan berbentuk aspartam memiliki pengarug buruh terhadap kesehatan otak manusia. Selain itu jenis pemanis buatan tersebut dapat mengganggu kinerja saraf serta membuat sirkulasi darah menjadi terhambat.

TAG TERKAIT :
Kesehatan Gaya Hidup Hidup Sehat

Berita Lainnya