Opini

Ancaman Ini Akan Menimpa Orang Tua Saat Anak Berbuat Maksiat

Indah Pratiwi - 24/04/2018 13:18

Beritacenter.COM - Orang tua merupakan pendidik anak dengan membina dan mengarahkan perbuatan yang baik sesuai tuntunan agama. Kedua orang tua memiliki kewajiban memberikan pendidikan dan mengasuh kepada putra-putrinya.

Baca Juga :

Dalam mendidik anak haruslah sesuai ajaran agama karena diharapkan agar putra-putrinya menjadi pribadi yang shaleh sehingga kedua orang tua tidak mendapat ancaman laknat. Sebab, jika anak kandung terjerumus dalam dunia maksiat dan orang tua tidak melarang perbuatan tersebut maka orang tua shaleh sekalipun bisa terjerumus dalam neraka, Selasa(24/4).

Allah SWT Berfirman:
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.” (Q.S.At-Tahriim:66)

Dalam tafsiran Qatadah pernah berkata bahwa perintahkan mereka untuk taat kepada Allah dan laranglah mereka dari perbuatan maksiat kepada-Nya. Bantulah mereka untuk mengerjakan perintah Allah. Apabila kamu melihat mereka melakukan kemaksiatan, maka tegurlah.

Selain itu, dalam tafsiran Ibnu Umar berkata bahwa “Didiklah anakmu, karena kelak kamu akan ditanya tentang pendidikan dan pengajaran seperti apa yang telah kamu berikan kepada anakmu. Anakmu juga akan ditanya tentang bagaimana dia berbakti dan berlaku taat kepadamu.”

Dari kedua tafsiran diatas terlihat jelas bahwa Allah SWT memberikan perintah kepada para muslim untuk tetap menjaga keluarganya dari siksaan api neraka.

Rasulullah SAW Bersabda:
“Seorang laki-laki adalah pemimpin dalam keluarganya, dan dia akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang dipimpinnya.” (HR Bukhari dan Muslim).

 

Wallahu'alam Bishawab

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center Orang tua

Berita Lainnya