Nasional

Jaga Wilayah Perbatasan dari Penyelundupan, TNI-Polri Bersama Bea Cukai Bakal Teken MoU

Aisyah Isyana - 27/04/2018 20:30

Beritacenter.COM - Jajaran TNI-Polri akan memperketat pengamanan wilayah perbatasan, guna mengantisipasi penyelundupan barang-barang yang masuk ke Indonesia. Seperti halnya pengamanan di wilayah perbatasan Indonesia dan Malaysia di Entikong, Kalimantan Barat.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa TNI dan Polri akan bersinergi guna menangani kasus penyelundupan. TNI bersama Polri juga akan membuat nota kesepahaman (MoU) dengan Bea-Cukai, mengantisipasi penyelundupan didaerah perbatasan.

"Kita akan laksanakan perbantuan TNI kepada Bea-Cukai atau perbantuan TNI kepada Polri untuk kita menangani permasalahan penyelundupan, ya, terutama. Dan itu pun segera kita lakukan, kita sudah bicarakan," kata Hadi di Kodam XII Tanjungpura, Kalimantan Barat, Jumat (27/4/2018).

Baca juga :

"Sehingga ke depan kita bisa melakukan MoU antara TNI dengan Bea-Cukai, antara Polri dengan Bea-Cukai untuk bersama-sama mengamankan wilayah perbatasan terhadap penyelundupan barang-barang yang tidak kita inginkan, artinya terlarang ya karena ilegal," sambungnya.

Hadi menegaskan, prajurit TNI-Polri merupakan benteng negara yang membutuhkan kerja sama dengan stakeholder lainnya, untuk menjaga kemanan di wilayahb perbatasan, terutama dalam kasus penyelundupan.

"Dan saya kira ini hal yang sangat positif. Karena, untuk menangani perbatasan, kita harus melaksanakan pekerjaan ini antar-kementerian, hubungan kelembagaan harus dilaksanakan," ujarnya.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Jadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengunjungi wilayah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia di Entikong, Kalimantan Barat. Pada kesempatan itu, Ketua DPR RI Oesman Sapta Odang (OSO) pun turut hadir dan ikut meninjau wilayah perbatasan Entikong.

TAG TERKAIT :
Penyelundupan Bea cukai TNI-POLRI Pengamanan Daerah Perbatasan Penyelundupan di Derah Perbatasan TNI-Polri Bersinergi Jaga NKRI

Berita Lainnya