Kesehatan

Wah, Ternyata Begitu Besar Manfaat Hubungan Intim Bagi Ibu Hamil

Indah Pratiwi - 02/05/2018 15:58
FOKUS : Kesehatan

Beritacenter.COM -  Seks saat hamil juga menyimpan banyak manfaat. Mau tahu apa saja manfaat seks saat hamil? Berikut adalah daftarnya:

Membakar kalori

Seks adalah cara cepat, mudah, dan nikmat untuk menjaga tubuh Anda tetap fit. Lakukan hanya dalam 30 menit, seks dapat membakar 50 kalori dalam tubuh.

Tak sering buang air kecil

Hamil bisa membuat seseorang sering buang air kecil. Itu semua sering terjadi saat hamil. Apalagi, kalau bayi Anda sudah semakin besar sehingga semakin menekan kandung kemih. Pasti tidak nyaman, bukan? Berita baiknya, otot yang Anda latih untuk bersalin itu juga membantu urine keluar dengan normal, kata Tammy Nelson, PhD, penulis Getting the Sex You Want.

Lebih mudah mencapai orgasme

Saat hamil, tubuh Anda lebih sensitif, puting dan klitoris Anda lebih peka, dan ada lebih banyak estrogen di tubuh Anda. Semua itu membuat Anda lebih mudah merasakan orgasme yang lebih lama dan lebih kuat!

Mengurangi stres

Stres berlebihan bisa mengganggu kesehatan janin dan ibu yang mengandungnya. Namun dengan oksitosin, hormon cinta yang dilepaskan tubuh ketika orgasme, maka stres akan berkurang dan tidur jadi lebih nyenyak.

Mempererat hubungan

Tak kalah penting, hubungan seks memperkuat ikatan dan keintiman pada suami istri. Hubungan seks mampu meningkatkan keluarnya hormon oksitosin yang berfungsi mengembangkan hasrat seksual.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Hubungan seks juga memicu keluarnya hormon DHEA (dehydroepiandrosterone) yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. Sebuah studi membuktikan bahwa antibodi yang meningkat berkat berhubungan intim dapat membuat ibu hamil terhindar dari sakit flu maupun infeksi lainnya.

Lebih kuat saat bersalin

Hormon yang dilepaskan saat mencapai orgasme dapat mengurangi rasa sakit yang diderita. Sakit punggung,  tegang di leher dan sakit kepala yang biasanya diderita Ibu hamil akibat hormon akan hilang setelah orgasme dicapai. Selain itu, otot kegel ibu yang mengandung akan lebih cepat pulih jika sering mengalami orgasme. “Setelah Anda menggunakan otot-otot panggul itu untuk mendorong bayi saat bersalin, maka otot-otot itu akan lebih mudah untuk kencang kembali”, ujar Jeanne Faulkner, perawat di Portland, Orefon, dan penulis Common Sense Pregnancy: Navigating a Healthy Pregnancy and Birth for Mother and Baby.

Menurunkan tekanan darah

Walaupun tekanan darah Anda bisa menurun setelah berhubungan intim, namun hal itu hanya sementara, kata Faulkner. Namun perlu diingat kalau tekanan darah tinggi sangat berbahaya bagi Anda dan bayi Anda.

Mencegah komplikasi

Menurut sebuah penelitian di Denmark, sering berhubungan intim dapat mencegah pre-eklampsia. Para peneliti percaya hal itu disebabkan oleh kandungan protein dalam sperma yang memperbaiki sistem imun tubuh.

TAG TERKAIT :
Kesehatan Gaya Hidup Hidup Sehat Seks Berita kesehatan Berita seks

Berita Lainnya