Internasional

Gedung Putih Sambut Itikad Baik Korut Atas Pembebasan 3 Tahanan Warga AS

Anas Baidowi - 04/05/2018 11:19

Beritacenter.COM - Korea Utara (Korut) akan membebaskan tahanan asal Amerika Serikat (AS) menjelang pertemuan tingkat tinggi antara Donal Trump dengan Kim Jong-un yang tengah direncanakan.

Gedung putih menyambut baik pembebasan warga negara AS yang ditahan Korut sebagai bentuk itikad baik dari Pyongyang setelah ada kesepakatan untuk bertemu.

Pembebasan tiga tahanan warga AS tersebut muncul beberapa pekan menjelang pertemuan kedua pemimpin negara yang saling berseteru.

"Tahanan itu akan dibebaskan pada Kamis," kata Pengacara Presiden Donald Trump, Rudy Giuliani dikutip dari Fox News.

Ketiga warga Korea-Amerika yang ditahan di Korut adalah misionaris Kim Dong Chul yang ditangkap pada 2015, Kim Sang-duk atau juga dikenal sebagai Tony Kim seorang pengajar di Universitas Sains dan Teknologi Pyongyang (PUST), dan Kim Hak Song, seorang pengajar lain di PUST, keduanya ditahan pada 2017.

Menanggapi hal itu, Trump menyinggung terkait upaya pembebasan ketiga warga negara AS dari Pyongyang di media sosialnya.

Meurut Trump, pemerintahan sebelumnya sudah lama ingin membebaskan tahanan dari Korea Utara, namun usahanya tak berhasil. Tweet trum di akun twitternya.

Namun, Trump milih diam saat ditemui di sebuah acara di Gedung Putih. Dia sama sekali tidak komentar mengenai tahanan di korea utara.

Rencana pertemuan kedua pimpinan negara itu banyak ditunggu banyak pihak. Meski sebagian besar spekulasi memperkirakan pertemuan akan berlangsung pada akhir Mei atau awal Juni, belum ada keterangan resmi mengenai hal tersebut.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia AS Korut Pembebasan tahanan

Berita Lainnya