News

Menteri Pertanian Pastikan Stok Pangan Aman Saat Ramadan

Indah Pratiwi - 08/05/2018 16:00

Beritacenter.COM - Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman memastikan stok pangan sejumlah komoditas strategis aman pada saat memasuki Ramadan hingga Lebaran 2018. Stok itu sudah dipersiapkan sejak dua bulan lalu.

"Stok semua aman, pangan aman. Kita sudah mempersiapkan dua bulan sebelumnya. Insya allah menghadapi Ramadan bahkan setelah Ramadan, stok pangan kita yang strategis aman," kata Menteri Amran dikutip dari Antara usai Panen Pedet di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Selasa (8/5).

Amran mengatakan saat ini kebutuhan beras di Pasar Induk Beras Cipinang saat ini sudah melebihi cukup bahkan melebihi dari standard stok.

Baca Juga : Jelang Ramadhan, Wakil Gubernur DKI : Tidak Ada Konvoi Sahur On The Road

Dilihat dari situs resmi Food Station Tjipinang, update stok beras di PIBC sebanyak 40.895 ton. Oleh sebab itu, Menteri Amran menilai jumlah stok tersebut melebihi standard aman pemerintah, yakni 25.000 ton.

"Cipinang standard 25.000 ton per hari. Hari ini itu ada 40.000 ton. Artinya jauh di atas standard karena minimal, di atas normal kan yaitu suplainya melimpah lebih," kata dia.

Selain beras, Menteri Amran juga menyebut kebutuhan stok daging sapi juga sudah disiapkan pemerintah dengan menambah sekitar 20 sampai 30 persen dari kebutuhan biasanya. "Kalau katakanlah kebutuhan daging 100.000 ton per bulan, kita tambah 120.000 atau 130.000 ton per bulan," tambah dia.

TAG TERKAIT :
Berita Center Menteri pertanian MENPAN Bahan Pangan Menjelang Ramadhan Harga Pangan Stabil

Berita Lainnya