Kesehatan

Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Sahur

Indah Pratiwi - 16/05/2018 17:04

Beritacenter.COM - Dalam menunaikan ibadah di bulan suci Ramadhan ada baiknya menentukan pola makanan yang sehat. Salah satunya urusan saat makan menjelang sahur. Makanan sahur haruslah bernutrisi dan berenergi dengan memilih makanan serta minuman yang tepat.

Untuk melakukan puasa seharian agar tubuh tidak mudah haus, lemas atau lapar, ada baiknya hindari beberapa makanan dan minuman berikut ini, Rabu(16/5).

1. Makanan dan Minuman Yang Mengandung Gas
Makanan yang mengandung gas seperti buah nangka, durian, minuman bersoda lebih baik dihindari saat sahur. Agar, puasa seharian tidak mudah lemas dan lapar serta tidak mudah cepat haus.

2. Makanan Yang Bisa Menimbulkan Asam Lambung
Hindari makanan pedas saat sahur. Hal ini agar tidak memicu asam lambung dan tidak mengganggu sistem pencernaan saat berpuasa.

3. Hindari Minuman Berkafein
Seperti misalnya kopi dan teh, lebih baik tidak perlu dikonsumsi saat sahur. Ada baiknya minum air putih secukupnya agar menjaga ion di dalam tubuh.

4. Hindari Makanan Berlemak
Sebaiknya, hindari makanan yang mengandung lemak jenuh. Gantilah makanan yang banyak protein seperti telur, ikan laut segar, ikan salmon. Selain itu jika ditambah buah, ada baiknya mengkonsumsi buah alpukat yang kaya akan serat agar menyehatkan sistem pencernaan saat berpuasa.

5. Hindari Makanan Yang Mengandung Gula Pasir
Jangan mengkonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung gula pasir dan manis-manis. Hal ini akan menyebabkan puasa akan cepat sekali haus dan lemas. Jika ingin mengkonsumsi yang manis-manis, carilah pemanis alami yang berasal dari buah yang bisa dikonsumsi seperti buah mangga dan pisang.

 

 

TAG TERKAIT :
Berantas teroris Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya