News

BNN Kerjasama Bea Cukai Ungkap Predaran Jaringan Narkoba, Amankan Ribuan Ekstasi

Dewi Sari - 28/05/2018 15:48

Beritacenter.COM - Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Bea Cukai berhasil mengungkap jaringan predaran narkoba. Sebanyak 68 Kg katinon dan 15.487 butir pil ekstasi berhasil diamanakan.

Terbongkarnya jaringan ini berupa empat paket yang berada di Kantor Pos Pasar Baru pada Jumat (16/3/2018) lalu.

Ada empat paket yang masuk ke Pos Pasar Baru, dua paketnya akan dikirimkan ke Jakarta Utara dan dua paket lainnya akan dikirimkan ke Dumai, Riau.

Paket yang dicurigai itu saat ini dibawa ke laboratorium Bea Cukai untuk uji sampel. Hasilnya ternyata daun Khat yang mengandung kitonin dan masuk kedalam jenis narkotika.

“Daun kat ini sudah kita operasi di puncak beberapa waktu lalu disana, dan kita pastikan sudah tidak ada lagi yang menanam. Tapi kami sadar ada kebutuhan dan ini adalah impor dari Lagos melalui kantor pos di Pasar Baru, jumlahnya adalah 68kg,” ujar Direktur Jenderal Bea Cukai Heru Pambudi pada Senin (28/5/2018) di Auditorium Sabang, Gedung Bea Cukai, Jalan Ahmad Yani, Jakarta Timur.

Heru mengatakan terdapat lima paket barang kiriman yang berisi 15.487 butir ekstasi hasil pengungkapan BNN dan Bea Cukai. Dari empat paket tersebut didapati 3.080 butir tablet pada paket satu, 3.163 butir tablet pada paket dua, 2.993 butir tablet pada paket tiga, dan 3.268 butir tablet pada paket empat, yang mana berdasarkan hasil laboratorium diketahui tablet tersebut merupakan ekstasi.

“Bea Cukai Soekarno Hatta kemudian berkoordinasi dengan BNN melakukan controlled delivery dua paket barang kiriman tersebut ke Bogor dan Cikarang. Sementara untuk kedua paket sisanya, Bea Cukai Soekarno Hatta dan BNN juga berkoordinasi dengan Bea Cukai Bandung,” jelas Heru.

Heru mengatakan penemuan paket - paket tersebut dibawa ke controlled delivery di Bogor untuk ditindak lanjuti. Hingga saat ini BNN dan Bea Cukai juga bekerjasama dengan pihak pos di sana untuk memanggil pemilik barang.

“Hingga tanggal 13 April 2018, sejak surat panggilan diterbitkan, tidak ada pihak yang melakukan pengambilan terhadap paket kiriman tersebut,” tambahnya.

TAG TERKAIT :
Narkotika BNN Berita Center Bea cukai Sindikat Prdaran Narkoba

Berita Lainnya