Kesehatan

Tips Mencegah Penyakit Kanker Dengan Cara Ini

Indah Pratiwi - 30/05/2018 23:30

Beritacenter.COM - Penyakit kanker sering kali menjadi momok yang menakutkan bagi manusia karena penyakit kanker merupakan pembunuh nomor 1 di dunia selain penyakit jantung dan diabetes.

Setiap manusia bisa menjadi cikal bakal mengalami sel kanker meskipun tidak terdapat pada riwayat dalam keturunan. Ada beberapa faktor yang bisa mencegah agar penyakit kanker tidak terjadi, Rabu(30/5).

Pertama, rubahlah gaya hidup lebih sehat seperti menjaga kebersihan dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersih dan sehat. Jangan mengkonsumsi Junkfood dan mengandung bahan pengawet, perwarna dan pemanis buatan karena itu memaksa sel untuk lebih bekerja keras melawan zat kimia yang membahayakan tubuh.

Selain itu, rubahlah untuk selalu hidup bersih baik dari pakaian dan lingkungan. Dan rajin dalam mencuci tangan menggunakan sabun anti bakteri sebelum makan.

Menurut Konsultan Hematologi Onkologi MRCCC Siloam Hospitals Toman L Toruan mengatakan bahwa meski mitos penyakit kanker jenis penyakit berat. Banyak penderita yang enggan memeriksakan diri, tidak mencari pengobatan sehingga jika terus dibiarkan justru semakin bertambah parah dan sulit untuk disembuhkan. Sangat disarankan jika mengalami penyakit kanker segeralah berobat ke dokter sehingga bisa ditangani secara medis.

"Padahal jika ditemukan pada stadium awal atau satu dan mendapatkan pengobatan, kemungkinan untuk bertahan hidup bisa mencapai lima tahun. Namun, apabila pada stadium empat, maka kemungkinan hidupnya hanya 15 persen atau satu tahun saja," jelas Toman.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center Kanker

Berita Lainnya