Gadget

Pendiri Apple Ini Ungkap Kelemahan iPhone X

Adam Khan - 06/06/2018 12:47

BeritaCenter.com – Pendiri Apple Steve Wozniak mengkritik dan mengungkap kelemahan dari ponsel flagship teranyar kebanggaan Apple, iPhone X. Ia menyiratkan bahwa dirinya lebih suka iPhone terdahulu yang memiliki harga miring.

Pada Desember tahun lalu, salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak, diberikan iPhone X oleh Tim Cook, CEO dari perusahaan yang berkantor pusat di Cupertino tersebut. Menurut Wozniak, seri iPhone pertama yang disebutnya tidak ingin ia miliki pada hari pertama peluncuran tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Menurutnya, hal terbaik yang dimiliki oleh iPhone X adalah ukurannya yang tidak terlalu besar sehingga tak membuatnya memenuhi ruang saat dimasukkan ke dalam saku. Sedangkan salah satu fitur yang menjadi sorotannya adalah Face ID

Saat pertama kali mendapat perangkat tersebut, ia mengkritik fitur Face ID yang berfungsi untuk membuka layar ponsel dengan menghadapkannya ke wajah. Ia mengaku lebih suka menggunakan pemindai sidik jari, atau fitur Touch ID, yang tergusur oleh Face ID pada iPhone X.

"Face ID tidak dapat bekerja sebaik saat saya menggunakan Touch ID, dan saya sangat menyukai pemindai sidik jari yang dapat disentuh di bagian belakang,"' ucapnya, sebagaimana dikutip dari CNBC, Selasa (5/6/2018).

Selain itu, ia juga memiliki masalah tersendiri dengan tombol home atau power yang terletak di bodi samping perangkat tersebut. Banyaknya fungsi yang ditanamkan di dalamnya, seperti mengaktifkan Siri dan menyalakan perangkat, ternyata membuat Wozniak kerepotan.

"Hal terburuk dari iPhone X adalah kombinasi antara tombol home dengan power yang memiliki sekitar delapan fungsi berbeda tergantung kapan kamu menekannya, bagaimana kamu menekannya, dan berapa lama kamu menekannya. Ini membingungkan, dan itu bukan sifat alami dari produk Apple," ujarnya.

Meski mendapat sejumlah kritik darinya, namun pria yang kerap disebut The Woz tersebut mengatakan harga iPhone X sudah sesuai dengan kinerjanya saat dihubungkan dengan gadget lain seperti Apple Watch dan Air Pod. Harga ponsel tersebut yang mencapai USD 999 sempat menjadi sasaran kritik karena dianggap terlalu mahal.

Menariknya, ia justru mengaku dirinya lebih condong ke produk-produk Apple yang memilki harga lebih miring. Wozniak pun menyebut sejumlah model iPhone yang menjadi favoritnya.

"Saya sebenarnya menyukai model-model dengan harga yang lebih murah. Pada suatu waktu, kami pun sudah mengenalkan dua iPhone itu, yaitu iPhone 5C dan iPhone 5S. 5S memiliki pemindai sidik jari, sedangkan 5C tidak, namun memiliki harga USD 100 lebih murah dengan bentuk lebih kecil," katanya.

"Saya mencintai ponsel itu. Saya menyukai desainnya. Saya pikir itu merupakan salah satu desain terbaik yang diciptakan Apple sepanjang sejarahnya terkait bagaimana ponsel tersebut terlihat, terasa, dan melakukan banyak hal dengan harga bersahabat. Saya pikir itu akan menjadi posisi yang bagus bagi Apple," pungkasnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center IPhone X Steve Wozniak Kelemahan Iphone X

Berita Lainnya