News

Takut Kena Sanksi, PNS Tangerang Rebutan Absen Hari Pertama Kerja

Fani Fadillah - 21/06/2018 10:39
PNS Pemkab Tangerang berebut absen

Beritacenter.COM - Libur panjang lebaran Idul Fitri 2018 telah berakhir pada 20 Juni 2018 kemarin. Hari ini para pegawai negeri sipil sudah mulai masuk kerja. Terpantau di lingkungan Pemkab Tangerang, ratusan PNS berebut absen di hari pertama kerja lantaran takut terkena sanksi penghapusan tunjangan kinerja daerah.

Baca juga:

Kepanikan muncul saat sejumlah PNS gagal absen di mesin finger print, ditambah lagi dari enam mesin absen, hanya tiga yang berfungsi.

"Aduh sabar-sabar ya, ini kebanyakan santen jarinya," ucap seorang PNS di kantor pusat pemerintah kabupaten Tangerang, dekat lapangan Maulana Yudha, Tigaraksa, kabupaten Tangerang.

Akibat rusaknya mesin absen digital tersebut, beberapa PNS terpaksa harus mengisi absensi secara manual alias tidak menggunakan sistem sidik jari. Aksi rebutan absen pun kian ricuh, kala pejabat Bupati Tangerang tiba di lapangan Maulana Yudha untuk memimpin apel pertama masuk kerja setelah cuti bersama lebaran 2018.

Menanggapi itu, Pejabat Bupati Tangerang, Komarudin memberikan waktu selama lima menit kepada para pegawai untuk berkesempatan mengisi absensi meski secara manual.

"Kita menyesalkan tadi pegawai banyak yang telat apel karena berebut absen. Bahkan, ada yang eror sehingga mereka harus isi manual. Ini harus diperbaiki dimana, jumlah mesin absen khususnya pada apel pagi harus diperbanyak, sehingga tidak berebut dan eror," ucap Komarudin.

Meski begitu, dia memastikan para pegawai yang menggunakan absen manual akan tetap terdata oleh pihak kepegawaian untuk nantinya dilaporkan pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi.

"Walaupun sudah elektronik, manual juga dilakukan jadi tetap terdata tinggal nanti kepegawaian yang akan melakukan pelaporan," tutupnya.

TAG TERKAIT :
PNS Hari kerja pertama

Berita Lainnya