News

Ada Puluhan Ribu TPS di Jawa Tengah Dinilai Rawan

Indah Pratiwi - 27/06/2018 04:50

Beritacenter.COM - Pemilihan Kepala Daerah di Jawa Tengah menurut Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah menemukan adanya sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang memiliki tingkat kerawanan, khususnya bagi pemilih penyandang disabilitas.

Berdasarkan hasil temuan tersebut muncul saat berlangsungnya proses pengawasan terhadap pelaksanaan Pilkada serentak Jateng yang akan digelar Rabu (27/6/2018).

“Dari 15 indikator TPS rawan saat coblosan Pilkada nanti, di Jawa Tengah terdapat tiga indikator paling rawan yaitu pemilih yang tidak masuk DPT, pemilih tidak memenuhi syarat masuk DPT, dan pemilih disabilitas,” kata Divisi Penindakan dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Jateng, Sri Wahyu Ananingsih.

Di jawa tengah, kata dia, ada 10 daerah yang memiliki tingkat kerawanan tertinggi di antaranya Kabupaten Banjarnegara, Wonosobo, Purbalingga dan Wonogiri. Selain itu, terdapat 11 daerah termasuk kategori kerawanan sedang dan 14 sisanya rendah.

“Kabupaten Banyumas mendominasi dengan memiliki 2.799 TPS rawan. Disusul Kabupaten Brebes dan Kabupaten Kebumen yang punya kerawanan TPS mencapai 2.525 dan 2.258 titik,” ujarnya.

Selain itu pula ada TPS rawan paling sedikit di Kabupaten Magelang, Cilacap, dan Tegal, Salatiga, Kota Surakarta dan Magelang. “Karena memang jumlah kecamatannya paling sedikit,” ungkap dia.

Bawaslu sendiri telah memantau TPS rawan bertujuan mengidentifkasi strategi pengawasan untuk mengurangi terjadinya pelanggaran di hari pemungutan suara. Sehingga pihaknya bisa berupaya menyediakan analisis berbasis kerawanan TPS dalam menyusun langkah pencegahan.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center Kelompok Kriminal Bersenjata Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata(KKSB)

Berita Lainnya