Internasional

Benarkah Zakir Naik Telah Dideportasi dari Malaysia?

Sebenarnya Zakir Naik telah memperoleh izin tinggal permanen di Malaysia sejak 2016 lalu dari pemerintahan mantan Perdana Menteri Najib Razak.

Sari Intan Putri Bunga Putri - 05/07/2018 16:20

Beritacenter.COM - Kabar dideportasinya salah satu tokoh dakwah yang terkenal, Zakir Naik telah tersebar di seluruh dunia. Namun, apa benar kabar yang telah tersebar itu?

Sebenarnya Zakir Naik telah memperoleh izin tinggal permanen di Malaysia sejak 2016 lalu dari pemerintahan mantan Perdana Menteri Najib Razak.

Kabar ini pertama kali diberitakan oleh media India, NDTV, yang dikutip berbagai media di Malaysia hingga Singapura. Menurut NDTV yang mengutip pejabat lembaga antiteror Malaysia, Zakir dideportasi pada Rabu (04/07/2018) malam.

"Dia sudah keluar dari sini (Malaysia) malam ini. Dia akan terbang ke India," kata petugas Lembaga Antiteror Malaysia, Mohammed Raby Abu Bakar kepada NDTV di Kuala Lumpur.

Zakir Naik memang telah lama diburu pemerintah Malaysia karena ceramahnya soal perbandingan agama dianggap memprovokasi tindak terorisme, salah satunya serangan teror di Dhaka, Bangladesh, pada 2016.

Melalui keterangan resmi yang dikeluarkan organisasinya, Yayasan Riset Islam (IRF), Zakir Naik membantah kabar deportasi dirinya.

"Kabar bahwa saya kembali ke India itu salah besar. Saya tidak ada rencana kembali ke sana karena saya tidak merasa aman terkait tuntutan yang tidak adil," kata Zakir.

Dia juga menjelaskan jika akan kembali ke India dimana keadaan sudah membaik.

"Inshaallah bila pemerintah (India) sudah adil, saya akan kembali ke sana," ungkapnya.

Senada dengan Zakir, pengacaranya Shaharudin Ali mengatakan hingga kini tidak ada surat deportasi resmi dari Menteri Dalam Negeri maupun Menteri Luar Negeri Malaysia.

TAG TERKAIT :
Malaysia Internasional Islam Zakir Naik

Berita Lainnya