Internasional

AS Tangkap Wanita Rusia Diduga Mata-mata

Anas Baidowi - 17/07/2018 16:34

Beritacenter.COM - Seorang warga Rusia bernama Maria Butina (29) yang tinggal di Washington ditangkap atas dugaan sebagai mata-mata, Minggu (15/7). Dalam sebuah rilis Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) mengklaim wanita tersebut ditangkap karena diduga membangun relasi dengan organisasi infiltrasi di AS.

Butina diduga membangun relasi dengan individu dan organisasi infiltrasi di Amerika Serikat yang memiliki pengaruh dalam percaturan politik AS setidaknya dari awal 2015 hingga Februari 2017.

Butina dicurigai beroperasi di lingkaran pejabat senior pemerintah Rusia yang telah ditetapkan sebagai target sanksi AS pada April lalu. Departemen Kehakiman menduga bahwa kegiatannya ditujukan untuk memudahkan kepentingan Rusia di AS.

Langkah Departemen Kehakiman ini merupakan lanjutan dari dakwaan AS pada 12 perwira intelijen Rusia pekan lalu karena ikut campur dalam pemilihan presiden AS 2016. Sementara itu, Presiden AS Donald Trump menerima penyangkalan Vladimir Putin atas campur tangan Rusia dalam pemilu AS ketika keduanya bertemu di Helsinki, Finlandia.

TAG TERKAIT :
Rusia Amerika Serikat Berita Kriminal Indonesia Berita Center AS Mata-mata

Berita Lainnya