News

Duh, Kampung Di Mojokerto Ini Jadi Sarangnya Kawanan Piton

Lukman Salasi - 19/07/2018 15:32

BeritaCenter.com – Warga Dusun Unengan, Desa Sekargadung, Pungging, Mojokerto dibuat resah oleh ular-ular piton jenis sanca kembang. Reptil berukuran besar itu kerap memangsa ternak warga. Mulai dari ayam, bebek, hingga anakan kambing.

Dalam kurun waktu 6 bulan terakhir, warga telah menangkap 8 ekor ular sanca kembang. Panjangnya bervariasi, antara 3-5 meter. Warga meyakini ular-ular itu bersarang di gua Unengan.

Dusun Unengan di Mojokerto itu disebut sejak lama menjadi habitat ular sanca. Di ujung timur kampung ini banyak ditemukan tanah berongga dengan kelembaban tinggi. Tempat tersebut menjadi kesukaan ular sanca.

Hal itu dikatakan Kepala Resort Konservasi Wilayah Mojokerto-Sidoarjo BBKSDA Jatim Abdul Khalim. Dipandu warga setempat, dia dan sejumlah anggotanya telah meninjau Dusun Unengan yang menjadi habitat ular sanca.

"Memang di tempat tersebut kondisinya banyak rongga dan ada gua, di sekitar situ banyak air. Jenis ular piton (salah satunya jenis Sanca Kembang) cenderung mencari tempat yang lembab," kata Khalim, Rabu (18/7/2018).

Khalim memperkirakan, ular sanca kembang yang banyak ditemukan warga Dusun Unengan, bukan ular pendatang. Reptil-reptil tersebut memang sejak lama menempati kawasan sekitar gua Unengan yang berada di ujung timur kampung.

"Menurut keterangan Kepala Dusun, desa ini sejak dulu memang menjadi habitat ular jenis sanca. Mulai kecil ular sudah ada di situ, sekarang beranak pinak menyebar di sekitar situ," ujarnya.

Gua Unengan, lanjut Khalim memang menjadi tempat yang disukai ular sanca kembang. Dia memperkirakan bagian dalam gua ini terdapat kubangan air sehingga mempunyai kelembaban yang tinggi.

Selain gua, kata dia, ular sanca juga diperkirakan bersarang di sepanjang saluran irigasi Unengan. Selain cenderung lembab, daerah aliran sungai kecil ini banyak ditumbuhi tanaman liar dan pisang.

"Sarangnya tadi kami temukan di sungai kecil itu, lubangnya banyak. Bahkan ada bekas ular berganti kulit, kelihatannya sudah lama, perkiraan kami ukuran ularnya lebih kecil," terangnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Ular Piton Mojokerto Sarang Piton

Berita Lainnya