Nasional

Karena Barang Ini, Koper Jemaah Haji RI Banyak Dibongkar dan Digeledah Bea Cukai Arab Saudi

Lukman Salasi - 23/07/2018 09:07

BeritaCenter.com - Kepala Seksi Perlindungan Jemaah (Linjam) Daker Bandara, PPIH Arab Saudi, Hasanuddin menyebut koper-koper dari beberapa jemaah haji asal Indonesia banyak yang harus digeledah dan dibongkar oleh pihak pihak Bea Cukai Arab Saudi.

"Hampir selalu ada yang dibongkar tiap kedatangan. Rata-rata dua tas yang dibongkar," kata Hasanuddin di Badara AMA Madinah, Ahad (22/7/2018).

Penggeledahan dan pembongkaran harus dilakukan karena barang bawaan jemaah haji Indonesia besar-besar dan dibungkus rapat, jadi dicurigai khawatir barang terlarang.

"Bawanya besar-besar dan dibungkus rapat jadi dicurigai seperti narkoba," ungkap Hasanuddin.

Barang bawaan yang sempat dibongkar adalah bawaan sambal teri, telur asin, dan sambal pecel dan rokok.

Sebab itu, ia mengimbau jemaah di Tanah Air lebih mencermati bawaan mereka. Sebaiknya, jemaah tak berlebihan membawa bahan makanan atau obat-obatan pribadi karena tasnya kemungkinan bakal dibongkar lagi di bandara Arab Saudi.

Bawaan yang lolos pemeriksaan di Tanah Air juga belum tentu lolos di bandara Arab Saudi. Petugas-petugas Arab Saudi bisa sangat teliti soal bawaan jemaah. "Bisa jadi di sana (Tanah Air) lolos di sini kena sweeping," kata Hasanuddin.

Bahkan seorang ibu-ibu harus digeledah tasnya pada saat pemeriksaan bea cukai Arab Saudi di Bandara Amir Mihammad bin Abdulaziz karena membawa rokok dengan kapasitas lebih.

Kejadiannya di kedatangan Kloter Satu Embarkasi Palembang pada Rabu, 18 Juli 2018.

Selain kasus jamaah Embarkasi Palembang, kasus serupa juga terjadi pada Sabtu (21/7). Kali ini, giliran jamaah Embarkasi Surabaya yang dibongkar tasnya. Di dalam tas tersebut, ditemukan dua puluh slop rokok yang akhirnya diamankan petugas Arab Saudi.

Untuk menghindari ketidaknyamanan di bandara, Hasanuddin meminta jamaah memastikan paspor dipegang dan tak tertukar. Soal barang bawaan jamaah juga jadi faktor penting kenyamanan di bandara. "Hindari membawa rokok berlebihan. Kemudian hindari barang-barang yang cair dengan volume besar. Makanan juga jangan dibawa berlebihan".

Hingga Minggu (22/7/2018), sebanyak 29 ribu jamaah Indonesia telah tiba di Madinah. Jumlah itu sudah lebih dari separuh gelombang pertama yang mendarat di Madinah.

TAG TERKAIT :
Berita Center Bea cukai Arab Saudi Jemaah Haji Indonesia Barang Bawaan Jemaah Haji

Berita Lainnya