Kriminal

Ngaku Polisi Curi HP dan Motor, Pria ini Diciduk Polisi

Dewi Sari - 03/08/2018 14:00

Beritacenter.COM - Iswanto (31) warga Babatan Kel. Dukuh Sutorejo Kec. Mulyorejo Kota Surabaya berhasil diamankan Satrekrim Polres Sidoarjo. Pria gemuk tersebut mengaku sebagai anggota Sat Intelkam Polresta Sidoarjo dan bisa mengurus SIM secara cepat dengan memperdai Dicky Firmansyah (19) pemuda asal Cemengkalang Kec. Sidoarjo.

Dari pengakuanya, pelaku mempredayai korban telah mendaptkan HP Oppo F5 dan motor Honda Beat Nopol W 4969 VN milik korban, dan dijual ke orang lain.

Menurut Kasatreskrim Polresta Sidoarjo Kompol M Harris mengatakan orang tua korban pernama kali kenal dengan pelaku ingin membuatkan SIM hingga meminta tolong kepada pelaku yang mengaku sebagai anggota polisi.

"Pelaku sebelumnya pernah ngobrol-ngobrol sama orang tua korban dan mengaku sebagai anggota polisi," ucapnya Jumat (3/8/2018).

Harris mengungkapkan setelah pelaku menemui korban, pelaku mengajak korban ke Mapolresta Sidoarjo untuk pengurusan SIM.

Namun sesampai di perempatan Jalan Kombes Duriyat sebelah barat Mapolresta Sidoarjo, pelaku mengajak minum kopi terlebih dahulu.

"Saat duduk di warung kopi, pelaku meminjam ponsel korban alasan menghubungi temannya, tapi tidak berhasil menyambung," tambah Harris.

Harris mengatakan sekluar dari warung pelakukemudian membawa korban ke SPBU dan meminta korban untuk mencuci muka terlebih dahulu di toilet SPBU agar dalam pemotretan SIM terlihat cerah, korban menurutinya. Bersamaan itu, pelaku juga meminjam HP kembali dan motor korban dalihnya mau diisi bensin dan korban juga mengijinkan.

"Saat korban masuk toilet itulah, pelaku kabur membawa lari HP dan motor korban. Begitu korban keluar kaget pelaku sudah tidak ada di tempat," jelas Harris.

Dari laporan dan penyelidikan, akhirnya pelaku berhasil ditangkap di tempat kostnya. Ponsel korban berhasil disita dari tangan pelaku dan motornya sudah dijual ke temannya yang berada di Probolinggo.

"Atas perbuatan itu, pelaku akan dijerat dengan Pasal 378 KUHP dan/atau pasal 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan yang ancam pidana penjaranya selama-lamanya 4 tahun," tegas Harr

 

TAG TERKAIT :
Oknum Polisi Kriminal Berita Kriminal Indonesia Berita Center Kasus kriminal Pelaku Penipuan

Berita Lainnya