Politik

Menakar Kelebihan Ma'ruf Amin Dan Sandiaga Dalam Pembangunan Ekonomi

Anas Baidowi - 10/08/2018 15:39

Beritacenter.COM - Tokoh Ulama besar KH Ma'ruf Amin terpilih sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019. Nama wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno juga dipilih Prabowo sebagai cawapres yang akan bertarung di Pilpres melawan Jokowi.

Ekonom INDEF, Eko Listiyanto mengatakan, kedua cawapres tersebut, masing-masing memiliki kemampuan memadai dalam bidang ekonomi. Menurutnya, Ma'ruf Amin dari sisi ekonomi lebih menonjol ke ekonomi keumatan atau yang berbasis syariah.

"Kalau saya lihat ada plus minusnya dari sisi Jokowi-Ma'ruf Amin. kan beliau dikenal sebagai ketua MUI, dewan pakar ekonomi syariah. Nah itu pasti punya kelebihan-kelebihan dalam konteks gimana terjemahkan ekonomi keumatan, mungkin ekonomi Islam di dalam ekonomi di Indonesia," tuturnys, Jakarta, Jumat (10/8).

Baca Juga : Jelang Pilpres 2019, Ini Pesan Aa Gym Yang Bikin Menyejukan Bangsa

Sedangkan Wagub DKI Jakarta Sandiaga memiliki sepak terjang sebagai pengusaha. Pria yang akrab disapa Sandi itu punya banyak pengalaman dalam kegiatan bisnis di Indonesia.

"Sementara kalau Sandiaga kekuatannya adalah pada kekuatan praktikalnya, artinya pengalaman beliau bertahun tahun, puluhan tahun di dunia usaha, terus juga cukup sukses membangun berbagai macam jenis usaha, tokoh wirausahawan yang sukses," paparnya.

Dengan kata lain, baik Ma'ruf dan Sandiaga punya kelebihan yang berbeda. Ma'ruf Amin kemampuan teoritikal bagaimana mengembangkan konsep ekonomi syariah. Sementara Sandi mengandalkan pengalaman.

Baca Juga : Komitmen Sandiaga di Jakarta Lemah

"Artinya yang satu kalau bisa saya katakan lebih ke arah teoritikalnya, fikihnya gimana, ininya gimana, artinya bahan pertimbangan dari situ itu, kayaknya lebih banyak ke pak Ma'ruf. Tapi kalau dari sisi pengalaman praktikalnya, saya rasa pak Sandi lebih punya bobot lebih tinggi di situ," tambahnya.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center Pilpres 2019 Capres Jokowi Cawapres Ma'ruf Capres Prabowo Cawapres Sandi Jokowi Menang

Berita Lainnya