News

Tolong! Korban Gempa Lombok Utara NTB Kekurangan Air Bersih dan Makanan

Aisyah Isyana - 10/08/2018 17:09

Beritacenter.COM - Korban gempa Nusa Tenggara Barat (NTB), tepatnya di kawasan Desa Beriri Genteng, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara, tengah kekurangan ketersediaan air bersih. Terlebih, sumber air di Desa itu juga cukup jauh dan juga terkena dampak longsor.

"Daerah sumber air kena longsoran jadi air agak sulit. Sumber mata air di atas gunung dan sumber air di atasnya longsor. Otomatis pasokan airnya terhenti dan sulit," ujar Ketua DKM Attaufiq Lippo Cikarang, Muhammad Nur Nirwana, di lokasi pengungsian, Jum'at (10/8/2018).

Baca juga :

Tak hanya itu, gempa yang melanda lokasi membuat sejumlah bangunan serta jalanan rusak. Lantaran berada didaerah pegunungan, distribusi bantuan seperti makanan banyak yang belum masuk ke desa tersebut.

"Ini daerahnya agak sulit karena berada di gunung. Jadi banyak distribusi bantuan yang dicegat duluan. Warga butuh mie instan, minyak, beras," kata Nur.

Sekedar diketahui, data BPBD menyebutkan, korban tewas akibat gempa di NTB tercatat mencapai 259 orang, terhitung hingga Kamis (9/8). Jumlah korban tewas ini diperkirakan masih akan bertambah.

"Jumlah 259 orang meninggal dunia adalah korban yang sudah terverifikasi. Data ini masih akan terus bertambah mengingat tim SAR masih menemukan korban di reruntuhan bangunan dan masih diidentifikasi. Diduga korban masih berada di bawah reruntuhan bangunan yang belum dievakuasi. Ada juga laporan dari aparat daerah yang menyatakan adanya korban meninggal di daerah sebelumnya dan sudah dimakamkan tetapi belum didata dan dilaporkan ke posko sehingga data korban meninggal dunia akan bertambah," ujar kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada wartawan, Kamis (9/8).

TAG TERKAIT :
Bencana Alam BMKG BPBD Gempa lombok Korban Gempa NTB

Berita Lainnya