Teknologi

Sebuah Pesawat Khusus Buatan NASA Akan Sampai Dekat ke Matahari

Indah Pratiwi - 13/08/2018 16:29

Beritacenter.COM - Sebuah pesawat besutan Badan Antariksa Amerika Serikat (AS) NASA diluncurkan ke luar angkasa pertama yang akan menjelajah dan mengamati Matahari dari jarak dekat. Pesawat luar angkasa bernama Probe Parker Solar ini memiliki misi strategis untuk mengungkap misteri badai matahari yang sering terjadi di permukaan.

Dilansir AFP, Senin (13/8/2018), satelit senilai 1,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp21,5 triliun ini dirancang untuk mampu bertahan terhadap suhu super panas Matahari dari jarak dekat sehingga mampu meneliti lebih jauh tentang matahari, Senin(13/8).

Pesawat antariksa Parker Solar Probe yang berukuran sebesar mobil kecil ini diluncurkan dengan roket raksasa Delta IV-Heavy dari Cape Canaveral di Florida, AS, pada Minggu (12/8) sekitar pukul 03.30 waktu setempat.

Pesawat tanpa awak ini akan melakukan pengamatan jarak dekat terhadap korona surya untuk mempelajari atmosfer terluar Matahari yang memicu angin surya. Misi ini akan berlangsung selama tujuh tahun.

Parker Solar Probe dirancang khusus dengan dijaga oleh perisai panas yang sangat kuat yang dapat menahan tingkat panas yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dia juga mampu menahan radiasi 500 kali lipat dari yang dialami di Bumi.

Pesawat luar angkasa NASA ini akan sampai hingga mendekati korona Matahari dalam jarak 3,8 juta mil atau 6,1 juta kilometer dari permukaan Matahari. Jarak itu tercatat tujuh kali lipat lebih dekat dibandingkan pesawat-pesawat luar angkasa lain.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya