News

Belum Ditentukan, Kapolri Sebut Wakapolri Pengganti Syafruddin Bisa Bintang 2 atau 3

Nanti saya konsultasikan dulu dengan Pak Presiden. Mekanismenya memang begitu. Setelah menyampaikan dan atas persetujuan Pak Presiden soal jabatan Wakapolri. Pertimbangannya bintang dua atau bintang tiga

Aisyah Isyana - 15/08/2018 11:52

Beritacenter.COM - Eks Wakapolri Syafruddin resmi dilantik menjadi Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) oleh Presiden Jokowi. Sementara tanggung jawabnya sebagai anggota Polri, dikatakan Syafruddin telah diserahkan kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Saya sudah menyerahkan tugas dan tanggung jawab sebagai anggota Polri kepada Kapolri. Saya sekarang sudah dilantik menjadi sipil," ujar Syafruddin usai pelantikan di Istana Negara, Rabu (15/8/2018).

"Sudah saya serahkan kepada Kapolri tadi malam. Jabatan saya sudah saya serahkan ke Kapolri tadi malam. Begitu Bapak Presiden menunjuk saya tadi malam, hari ini pelantikan," tambahnya.

Baca juga :

Sementara itu, Kapolri sendiri mengaku masih akan mengkonsultasikan pengganti jabatan Wakapolri yang ditinggalkan Komjen Syafruddin. Tito mengaku pertimbangan pengganti Syafruddin akan berasal dari bintang dua atau bintang tiga.

"Nanti saya konsultasikan dulu dengan Pak Presiden. Mekanismenya memang begitu. Setelah menyampaikan dan atas persetujuan Pak Presiden soal jabatan Wakapolri. Pertimbangannya bintang dua atau bintang tiga," jelas Tito.

Sementara calon pengganti Syafruddin untuk menduduki kursi nomer dua di Polri, diakui Kapolri masih belum ditentukan. Hal itu juga menjawab kabar terkait Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz yang kabarnya akan dilantik sebagai Wakapolri.

"Belum ada. Belum," ujar Tito.

Diberitakan sebelumnya, Ketua DPR Bambang Soesatyo menyebut Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz akan mengisi jabatan Wakapolri. "Wakapolri (akan dijabat) Idham," ungkapnya.

Polistisi yang karib disapa Bamsoet ini juga mengaku mendapat undangan pelantikan. Pada undangan itu tertera pelantikan Syafruddin sebagai MenPAN-RB sekaligus Idham menjadi Wakapolri.

TAG TERKAIT :
Wakapolri POLRI Kapolri Tito Karnavian Syafruddin Jabat MenPAN-RB Wakapolri Pengganti Syafruddin

Berita Lainnya