Teknologi

Dosen UII Ciptakan Alat Uji Rumah Tahan Gempa

Indah Pratiwi - 29/08/2018 08:04

Beritacenter.COM - Alat peraga simulasi ketahanan gempa bangunan yang diberi nama Simutaga diciptakan oleh pakar gempa Dosen Universtias Islam Indonesia(UII) Yogyakarta, Sarwidi.

Menurut Dosen Sarwidi bahwa alat itu sengaja dirancang untuk mempermudah memberikan informasi kepada masyarakat terkait masalah gempa dan dampak yang ditimbulkan. Selain itu, ia berharap agar masyarakat mudah memahami melalui alat tersebut, Rabu(29/9).

“Harapannya bisa mengurangi korban jiwa dan bisa mengenali perbandingan bangunan yang tahan gempa,” ujar pengarah BNPB ini saat penyerahan Simutaga di BPBD DIY.

Dengan alat ini, kata dia, masyarakat akan faham untuk kualitas bangunan besar maupun kecil dengan konsep tahan gempa. Rumah yang memiliki konsep tahan gempa mampu meredam kekuatan dari goncangan gempa.

Dengan pondasi yang memakai pasir dengan ketebalan 20-30 centimeter dan kemudian digunakan tulangan rangka pengekang.

Ia mengaku sangat prihatin dengan rumah masyarakat yang kebanayakan apa adanya. Lantaran kondisi finansial mereka tidak bisa membangun rumah dengan kualitas tahan gempa. Akibatnya, kekuatan rumah hilang dan tulang rumah juga tidak bagus.

“Masyarakat saat ini ingin rumahnya indah, tetapi kualitasnya kurang,” ujarnya.

Di lain tempat, Kepala BPBD DIY, Biwara Yuswantara mengatakan alat yang diberikan ini sangat membantu untuk memberikan sosialisasi dan simulasi kepada masyarakat. Apalagi dengan alat ini akan digunakan dan diperagakan di lima kabupaten/kota.

“Alat ini sangat membantu dalam simulasi nanti. Yang dibutuhkan adalah kesiapsiagaan masyarakat terhadap potensi bencana. Daerah mana yang rawan menjadi ranah pengambil kebijakan,” tandasnya.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center Simutaga

Berita Lainnya