News

Antisipasi Begal Jaga Kamtibmas, DPRD Bandung Tambah Anggaran CCTV

Aisyah Isyana - 31/08/2018 13:55

Beritacenter.COM - Kerawanan sosial seperti situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) diprediksi semakin meningkat jelang menghadapi tahun politik. Kerawanan sosial, seperti aksi pelaku begal, menjadi salah satu permasalahan terganggunya Kamtibmas.

Menyikapi hal itu, DPRD Kota Bandung mengaku siap membantu aparat dari segi anggaran dan infrastruktur guna menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif. Untuk itu, aparat penegak hukum diharapkan dapat lebih berkonsentasi dalam menjaga keamanan kamtibmas.

Baca juga :

"Tentunya aparat penegak hukum harus lebih konsentrasi dalam menjaga kamtimbas. Saya lihat dari sisi strategisnya, pergantian Kapolrestabes Bandung yang sekarang itu salah satu penugasan khususnya meningkatkan kamtibmas menjelang tahun politik," kata anggota DPRD Kota Bandung Folmer Siswanto Silalahi, Jumat (31/8/2018).

Menurutnya, maraknya aksi begal yang belakangan terjadi lantaran 2 faktor, yakni kelengahan dari penegak hukum dan kelengahan korban sendiri. Untuk itu, tak hanya aparat saja yang harus waspada, melainkan warga pun dituntut untuk turut waspada.

Selain itu, Folmer juga mendorong pemerintah untuk mengevaluasi kebutuhan infastruktur penunjang, seperti CCTV yang memantau jalanan dan daerah rawan. Former juga meminta masyarakat untuk kembali menggencarkan kegiataran ronda untuk menjaga keamanan.

"Bahkan kalau perlu anggarannya harus ditambah. Karena ini faktor yang menyebabkan berkurangnya operasi-operasi untuk patroli keamanan wilayah. DPRD Kota Bandung tentu akan dorong dari sisi penganggaran nya terlebih untuk meningkatkan peran masyarakat dan aparat penegak hukum dalam kegiatan kamtibmas," tutur dia.

Former mengaku sangat mendukung pengajuan tambahan CCTV yang diusung Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil. Menurutnya, hal itus sejalan dengan pemikirannya dan suatu hal yang harus didukung penuh.

Menurutnya, kebutuhan CCTV bagi kota metropolitan seperti Bandung menjadi sebuah keharusan. Sebab sebuah kota besar memiliki permasalahan yang kompleks termasuk soal kamtibmas. Keberadaan CCTV diharapkan bisa membantu kinerja kepolisian dari segi lalu lintas hingga kriminalitas.

"Kalau memang prosesnya bisa dipercepat di perubahan kita akan dorong. Kita akan dorong dari sisi anggaran. Karena itu (CCTV) kebutuhan dari pihak kepolisian bukan saja polisi lalulintas tapi reserse dan intelkam juga membutuhkan. Ciri kota modern dan maju, ya CCTV harus di mana-mana," ujar politisi PDIP itu.

TAG TERKAIT :
Begal CCTV Keamanan Kamtibmas DPRD Kota Bandung

Berita Lainnya