Keuangan

Rupiah Menguat, Gubernur BI Ucapkan Terima Kasih Kepada Pengusaha Indonesia

Indah Pratiwi - 07/09/2018 21:41

Beritacenter.COM - Menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat(AS) yang kini berada di level Rp14.820/USD merupakan kinerja dari para pengusaha Indonesia yang telah menukarkan valuta asingnya menjadi rupiah.

"Kami juga apresiasi para pengusaha yang mempunyai devisa, valas juga yang menjual valasnya dan itu menambah suplai di pasar. Dua hari ini supply demand terus berlangsung dan itu juga bagian penting mengenai pergerakan nilai tukar stabil dan menguat," ujar Gubernur Bank Indonesia(BI) Perry Warjiyo di Jakarta, Jumat (7/9/2018).

BI dan Kementrian Keuangan bersama Otoritas Jasa Keuangan(OJK) telah melakukan yang terbaik untuk menstabilkan nilai rupiah.

"Saya garis bawahi konkrit karena memang sejumlah langkah dan telah akan terus dilakukan. B20 kan sudah diimplementasi, terus kemarin Menteri Keuangan (Sri Mulyani) telah mengumumkan mengenai PPh impor dan tentu saja beberapa langkah terkait dengan pariwisata sudah dilakukan," terangnya.

Usaha yang dilakukan mendorong optimisme terhadap defisit transaksi berjalan yang akan terus turun sehingga nilai tukar rupiah bisa terus terjaga secara bertahap dan menuju kestabilan.

"Saya meyakini defisit transaksi berjalan akan turun, tidak hanya tahun ini tetapi juga tahun depan akan turun secara signifikan dan karena itu akan mendukung stabilitas nilai tukar rupiah kedepannya," tandasnya.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center Berita kesehatan

Berita Lainnya