Peristiwa

Kebakaran Landa 1.122 Hektar Kawasan Hutan di Gunung Sindoro-Sumbing

Aisyah Isyana - 16/09/2018 13:36

Beritacenter.COM - Kebakaran hutan melanda kawasan gunung Sindoro dan Sumbing di wilayah Wonosobo, Temanggung, Magelang. Sedikitnya terdapat 1.122 hektar lahan hutan yang terbakar di kawasan gunung kembar yang berlokasi bersebelahan tersebut.

Titik api kebakaran sendiri masih terjadi di wilayah Temanggung dekat perbatasan Wonosobo di Gunung Sumbing. Kebakaran yang terdampak paling luas, terjadi di wilayah Gunung Sumbing yang mencapai 490 hektar wilayah yang terbakar.

Baca juga :

Sementara di wilayah Wonosobo mencapai 30 hektar dan Magelang 100 hektar. Adapun luasan kebakaran hutan di Gunung Sindoro, wilayah Wonosobo 116 hektar dan Temanggung 385 hektar.

"Jumlah luasan yang terbakar di dua gunung itu sampai kemarin tercatat 1.122 hektar," ujar Supriyono dari Perhutani Wonosobo melalui sambungan telepon, Minggu (16/9/2018).

Untuk kebakaran di wilayah Gunung Sindoro sendiri saat ini sudah terpantau padam. Petugas tengah memadamkan kebakaran yang masih terjadi di Gunung Sumbing, Temanggung.

"Untuk Gunung Sumbing api bermula dari wilayah Temanggung kemudian merembet ke Magelang dan Wonosobo. Saat ini masih dilakukan pemadaman di wilayah Temanggung," jelasnya.

Medan gunung dan keterbatasan alat, membuat petugas cukup kesulitan memadamkan api. "Kondisi medannya curam, dan dalam melakukan pemadaman juga manual. Ini yang menjadi kendala kami saat melakukan pemadaman api di kedua gunung itu," kata dia.

TAG TERKAIT :
Gunung Sumbing Kebakaran Hutan Wonosobo Temanggung Gunung Sindoro Perhutani

Berita Lainnya