Bisnis

Presiden Trump Ultimatum China, Ini Ancamannya...

Indah Pratiwi - 18/09/2018 15:31

Beritacenter.COM - Presiden Amerika Serikat(AS) Donald Trump yang kesal dengan cara dagang Tiongkok membuat barang-barang asal China yang masuk ke AS dikenakan tarif bea masuk hingga mencapai Rp3.000 triliun.

Dikutip dari laporan BBC, ada ribuan barang produk asal China menjadi sasaran terkena imbas bea masuk dengan tarif baru hingga mencapai kenaikan 25 persen, Selasa(18/9).

BACA JUGA

Kebijakan ini akan berlaku mulai terhitung 24 September 2018. Presiden Trump mengatakan kebijakan perang dagang dengan China merupakan tanggapan dari aksi Tiongkok yang dinilai curang dengan praktik dagang tidak adil lantaran mensyaratkan perusahaan-perusahaan asing di sektor tertentu menghadirkan mitra lokal.

"Kami sudah sangat jelas mengenai jenis perubahan yang harus dilakukan, dan kami telah memberi semua peluang kepada Cina untuk memperlakukan kami lebih adil. Tapi, sejauh ini, Cina tidak bersedia mengubah praktiknya," ujar Trump.

Presiden AS Donald Trump sendiri telah memberi peringatan kepada negara China. Namun, jika pemerintah China membalas, AS tidak akan segan-segan melakukan fase ketiganya sehingga akan melakukan tarif ke 4 sebesar USD 267 miliar atau setara Rp4.000 triliun.

 

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya