Ekonomi

Perang Dagang AS, China Berani Serang Balik

Anas Baidowi - 19/09/2018 14:37

Beritacenter.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memberikan pengumuman bakal menjatuhkan bea masuk 10% pada produk China senila US$200 miliar, dan akan mulai berlaku efektif pada 24 September. Trump dalam pernyataannya akan menaikkan besaran bea tersebut pada 1 Januari 2019.

Menanggapi hal itu, China melontarkan serangan balik. China akan mengenakan tarif impor baru terhadap beberapa produk AS senilai US$60 miliar setara Rp 892,6 triliun, mulai 24 September mendatang.

Dikutip dari Reuters, Selasa (18/9). Negeri Tirai Bambu itu mengatakan bea impor yang dikenakan pada 5.207 barang dari AS berkisar antara 5% hingga 10%.

Sebelumnya, dihari yang sama, penasihat ekonomi Gedung Putih, Larry Kudlow mengatakan AS merasa tidak puas dengan pembicaraan dengan China. Pengenaan tarif impor baru itu terjadi saat beberapa pejabat AS sedang mencoba membuka kembali perundingan dagang dengan China.

Pemilik ekonomi terbesar dunia itu sebelumnya telah saling mengenakan bea masuk terhadap produk-produk senilai masing-masing US$50 miliar.

TAG TERKAIT :
China Berita Center AS Perang Dagang

Berita Lainnya