Politik

Gubernur Jatim dan Walikota Surabaya Perkuat Jokowi di Pilpres 2019

Anas Baidowi - 20/09/2018 11:57

Beritacenter.COM - Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Machfud Arifin mengatakan, Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Timur masuk dalam tim kampanye pemenangan Jokowi-Ma'ruf di Jawa Timur (Jatim). Selain keduanya, Nama Walikota Surabaya Tris Rismaharini juga masuk dalam jajaran anggota Tim TKD.

"Nanti akan ada penambahan tim ya, yaitu dewan penasehat tim kampanye yaitu ibu Khofifah Indar Parawansa dan Dewan Pengarah Emil Dardak. Beliau berdua akan jadi tim penasehat dan dewan pengarah," katanya Mahfud, usai dilantik sebagai ketua TKD Jatim, di kantor PDI Perjuangan Jatim, Jl Kendangsari, Surabaya, Rabu (19/9) malam.

Baca Juga : Astaga...! Buni Yani Sebut Masjid Akan Jadi Pusat Konsolidaisi Timses Prabowo-Sandi

Selain Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, walikota Surabaya juga akan dilibatkan dalam tim kampanye itu. "Bu risma akan jadi Korwil Surabaya," kata Mahfud.

Mahfud menambahkan, selai tiga tokoh tersebut, ada juga tokoh lokal dan tokoh nasional yang masuk dalam susunan anggota Tim Kampanye Daerah Jawa Timur, sebagai penasehat. Salah satunya adalah Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan, mantan Gubernur Jatim Imam Utomo, serta Jubir Tim 9 Kiai relawan pemenangan Khofifah-Emil, KH Asep Syaifudin Chalim.

Saat ditanya apakah Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim Soekarwo dan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) juga akan dilibatkan dalam timnya, Machfud menjawab, "Beliau masih gubernur dan wakil gubernur, jadi kita pastikan dulu ya."

Machfud yang baru saja purna tugas sebagai Kapolda Jatim mengatakan, tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf di Jatim berkomitmen menggalang kampanye bersahabat dan bermartabat. Dia memastikan politik dijalankan dengan gembira serta menjauhi fitnah dan hoaks.

Baca Juga: Terbongkar...! Ternyata PAN Terima Uang "KORUPSI" Rp 120 Miliar Dari "Wa Ode"

"Kami mengedepankan persaudaraan, memastikan Pilpres ini adalah festival program, bukan festival kebencian," ujar Machfud.

Jatim, lanjut Machfud, adalah provinsi strategis dengan jumlah pemilih sangat besar, sehingga ikut menjadi penentu kemenangan dalam Pilpres. Oleh karena itu, TKD Jatim akan bergerak sistematis, memadukan kerja politik di darat dan udara yang dipandu para kiai, tokoh masyarakat, kader partai, para relawan, serta pendekatan ilmiah berupa survei-survei terukur.

Ia mengklaim saat ini hampir semua tim di tingkat kabupaten/kota sudah siap, termasuk dengan posko-poskonya. Sudah terdapat koordinator di masing-masing wilayah.

"Hanya tinggal satu daerah, yaitu Lumajang, yang dalam satu-dua hari ini kami rampungkan," kata Machfud.

Baca Juga : Pastikan Masuk Timses Prabowo, Sekjen PAN : AHY Tempati Posisi Dewan Pembina

Soal target, Machfud berharap tim TKD Jatim itu nantinya bisa solid dan mampu meraih suara Jokowi-Ma'ruf Amin di Jatim sebesar 70 persen.

"Sebagai arek asli Jatim dan mantan kapolda, Insyallah saya memahami daerah ini, dan dengan bekal strategi yang tepat kita akan bergotong royong bersama memenangkan Pak Jokowi dan KH Maruf. Tentu semua gerak kami dipandu oleh nasihat para kiai dan tokoh masyarakat," ujar Machfud.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center Khofifah Risma Pilpres 2019 Calon kuat Jokowi Presiden

Berita Lainnya