Kriminal

Polisi Tangkap 'Debt Collector ' Gadungan

Dewi Sari - 26/09/2018 16:21

Beritacenter.COM - Petugas Buser Polsek Cimanggis berhasil menangkap komplotan Debt Collector Gadungan yang merupakan mantan karyawan leasing tersebut. Komplotan itu ditangkap di rumah kontrakanya di daerah Gang Nangka, Cimanggis, Kota Depok, Rabu (26/9/2018).

Para pelaku melakukan aksinya di jalan raya dengan sasaran korban yang menunggak iuran bayaran bulanan.

Menurut Kanit Reskrikm Polsek Cimanggis AKP Eman Suleman menuturkan selain menangkap empat pelaku, polisi juga menangkap satu orang penadah motor rampasan tersebut.

Kapolsek Cimanggis Kompol Suyud mengatakan para pelaku yang berhasil diamankan adalah HA, AL, AA, ST dan BL yang memiliki peran sebagai mencegat kemudian membuntuti korban sampai rumahnya.

“Selain keempat pelaku yang mengambil motor, petugas juga mengamankan PD, penadah dari motor yang diambil pelaku, ” ujarnya.

Suyud mengungkapkan para pelaku kerap mencari sasaran korban di sepanjang Jalan Raya Bogor.

“Dari pengakuan pelaku dapat mengetahui sasaran para korbannya menggunakan data yang dikeluarkan dari tempatnya bekerja di daerah Cibinong”katanya.

Para komplotan ini melakukan aksinya dengan bermodal surat palsu, menarik motor korban dengan meminta korban datang ke kantor untuk membayar tunggakan.

Dari tangan pelaku, petugas mengamankan barang bukti delapan motor unit rata - rata berjenis matic merek Honda Beat.

“Berdasarkan keterangan penyidik, pelaku telah menjual sekitar 40 unit motor dibuang ke daerah Pati Semarang Jawa Tengah. Untuk perunit motor rata-rata pelaku menjual kisaran Rp. 1 juta hingga 4 juta. Keuntungan digunakan untuk kebutuhan pribadi,” ujarnya.

“Para pelaku dijerat pasal 372 yo 378 KUHP tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman diatas empat tahun.”

TAG TERKAIT :
Kriminal Berita Kriminal Indonesia Berita Center Debt collector Buser Polsek Cimanggis

Berita Lainnya