Internasional

Rentetan Memalukan Donald Trump: Ditertawakan Peserta Forum PBB, Diolok-olok Warganya Sendiri

Lukman Salasi - 27/09/2018 11:22

BeritaCenter.com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengalami perlakukan tidak mengenakan di depan forum dunia. Trump ditertawakan seisi ruangan Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Peristiwa ini terjadi di forum Sidang Majelis Umum PBB, New York, Selasa (25/9) kemarin. Dilansir CNN dan The Independent, Trump memulai pidatonya dengan menekankan bahwa ini adalah kali kedua dirinya berpidato di forum yang sama. Di pidato kali ini, dia mengklaim sudah ada kemajuan ketimbang saat dirinya pertama kali berpidato. Kemajuan yang dimaksud adalah pencapaian masa

"Dalam waktu kurang dari dua tahun, pemerintahan saya telah mencapai lebih banyak hal dibandingkan nyaris setiap pemerintahan dalam sejarah negara kami," ujar Trump penuh percaya diri.

Mendengar klaim Trump itu, seisi aula malah gaduh oleh tawa. "Amerika... Itu benar," ucap Trump di tengah suara gaduh orang-orang di tempat itu. Tawa-tawa berlanjut, Trump terlihat terkejut.

"Saya tidak mengharapkan reaksi itu, tapi itu oke," ucap Trump.

Media Vox menyebut perlakuan seperti ini tak pernah diterima oleh presiden-presiden AS sebelum Trump. Diwawancarai terpisah, Trump menanggapi santai saat ditanya soal momen pidatonya itu. "Ya itu memang dimaksudkan untuk menuai tawa, tappi itu hebat," kata Trump.

Kejadian memalukan yang menimpa Trump malah jadi bahan olok-olokan warganya sendiri di Amerika Serikat. Dilansir The Washington Post, Rabu (26/9/2018), olok-olok untuk Trump muncul dari pengguna media sosial di internet. Olok-olok itu juga datang dari mantan pejabat AS dan tokoh publik AS.

"Di satu sisi, Anda merasa, 'Ya Tuhan, berapa buruknya saat Presiden Amerika Sditerawakan di panggung dunia'," sebut mantan wakil penasihat keamanan nasional untuk mantan Wakil Presiden AS Joe Biden, Julie Smith.

"Ada momen saat saya berpikir: 'Ini baik karena presiden terekspose pada bagaimana cara dunia memandang dirinya'," sebutnya.

Ada pula mantan penasihat Barackk Obama, Ben Rhodes. "Presiden-presiden Amerika terbiasa menetapkan agenda global di UNGA (Sidang Majelis Umum PBB). Sekarang Trump ditertawakan," sebut Rhodes dalam pernyataan via Twitter.

Komedian AS, Wanda Skykes, juga mencuit, "Dunia menertawakan @realDonaldTrump."

"Jangan khawatir, Tuan Presiden, mereka tidak menertawakan Anda. Mereka saling tertawa satu sama lain kepada Anda," ucap pemandu gelar wicara ternama AS, Stephen Colbert.

Sindiran datang pula dari senator Demokrat, Tim Kaine, yang pernah mendampingi Hillary Clinton tahun 2016 lalu. Pengamant Brooking Institution, Thomas Wright, menilai tertawaan itu pasti menyakitkan bagi Trump.

TAG TERKAIT :
Donald trump Berita Center AS Sidang Majelis Umum PBB

Berita Lainnya