News

Terbang ke Makassar, Mentan Cek Kondisi Korban Gempa Palu dan Donggala

Aisyah Isyana - 04/10/2018 13:33

Beritacenter.COM - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengunjungi korban bencana gempa dan tsunami yang mengungsi di rumah sakit Makassar. Hal itu dilakukan Amran usai melepas bantuan logistik untuk wilayah korban bencana gempa dan tsunami di Sulteng.

Pada kesempatan itu, Amran mengucapkan rasa bela sungkawa yang mendalama kepada korban bencana gempa di Palu dan Donggala. Menurutnya, pemerintah akan terus mengirim bantuan ke wilayah-wilayah terdampak bencana.

"Kami ucapkan duka cita yang mendalam kepada saudara-saudara kita yang terkena musibah. Alhamdulillah bantuan sampai hari ini terkumpul Rp 25 miliar. Baru saja ada tambahan Rp 500 juta lagi dan kami titip di rumah sakit Wahidin ini Rp 250 juta," kata Amran usai kunjungan ke RS Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Kamis (4/10/2018).

Saat mengunjungi rumah sakit korban gempa di Makassar, Amran sempat melihat kondisi pasien korban bencana gempa dan tsunami. Dia mengaku sangat prihatin atas kondisi para korban bencana gempa.

"Prihatin sekali ada satu anak SMA kehilangan kaki dua-duanya. Kita sangat berduka melihat saudara kita. Duka Donggala, duka Palu, duka Sigi adalah duka masyakarat Sul selatan, duka masyakarat Sulawesi dan duka Indonesia," lanjut dia.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengatakan terdapat sekitar 200 orang pasien korban gempa yang dirawat di RS Wahidin. Seluruh biaya korban bencana gempa disebut Nurdin akan ditanggung oleh pemerintah.

"Pokoknya mereka enggak perlu siapin biaya. Iya (gratis) semua biaya pemerintah yang tanggung. Justru kita berikan lagi bekal kepada mereka," kata Nurdin.

Sejauh ini, Nurdin mengaku jika pihaknya belum mengetahui pasti jumlah korban bencana gempa yang berada di Makassar. Tercatat ada sekitar 12 rumah sakit yang menampung para korban bencana gempa Palu dan Donggala.

Hari ini, jelas Nurdin, rencananya akan ada 1.600 korban lainnya yang dibawa ke Makassar. Sebanyak 30 ambulance akan disiagakan di landasan udara Hasanudin untuk mengangkut para korban.

"Kita sudah punya format di lanud hasanudin. Di hercules sudah didata ini Wahdin, ini rumah sakit Sayang. Ambulance juga sudah siap semua," ungkapnya.

TAG TERKAIT :
Bencana Alam Gempa Palu Menteri pertanian Amran Sulaiman Gempa Donggala Duka Gempa Palu

Berita Lainnya