News

Surya Paloh Dipolisikan Terkait Dugaan Pencemaran Nama Baik

Anas Baidowi - 16/10/2018 12:45

Beritacenter.COM - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri oleh Rizal Ramli terkait dugaan pencemaran nama baik.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu mengakui, langkahnya itu dapat dukungan dari 15 000-an lawyer yang sudah memberikan surat kuasa. Namun ia hanya membawa sekitar 60 kawan-kawan pendukungnya.

"Kalau dibawa semua tentu tidak akan muat Bareskrim. Makanya saya hanya bawa 60 kawan-kawan. Hari ini kami ingin mengajukan tuntutan kepada Bang Surya Paloh karena saya sehabat dia sebenarnya," kata Rizal di Bareskrim Polri, Jakarta Pusat, Selasa (16/10).

Dia menyebut tuduhan kuasa hukum yang mengatasnamakan NasDem salah alamat. Sebab Rizal mengaku tidak pernah merusak nama partai tersebut.

"Padahal tidak pernah ada satu hal apa pun di televisi ataupun di media kami menyebut nama NasDem," ujarnya.

Tak hanya itu, Rizal menyangkal bila pernah mengatakan Surya Paloh brengsek. Ungkapan tersebut, lanjut dia, untuk merespons kebijakan impor pangan yang dilakukan oleh pemerintah.

"Jadi dengan mengatakan tuntutan yang mengada-ngada tersebut, kami rasa dugaan Surya Paloh dan NasDem merusak nama baik kami. Itu akan kami ajukan (sebagai laporan)," jelas Rizal.

Laporan Rizal tersebut diterima oleh Bareskrim Polri dengan Nomor LP/B/1309/X/2018/BARESKRIM tertanggal 16 Oktober 2018. Pasal yang disangkakan adalah tindak pidana pencemaran nama baik melalui media elektronik, fitnah UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik, UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP 27 ayat 3 Jo Pasal 45 ayat 3, 310 KUHP dan 311 KUHP.

TAG TERKAIT :
Rizal Ramli Bareskrim Berita Center Surya Paloh

Berita Lainnya