Kesehatan

Inilah Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan Tubuh...

Indah Pratiwi Budi - 16/10/2018 17:48
FOKUS : Kesehatan

Beritacenter.COM - Kemiri lebih banyak dimanfaatkan sebagai rempah-rempah dan sering digunakan dalam berbagai olahan makanan sebagai bumbu masakan.

Namun disamping hal tersebut, kemiri juga dapat memberikan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Untuk lebih jelasnya, berikut artikel mengenai manfaat kemiri untuk kesehatan.

Berikut 9 manfaat kemiri bagi kesehatan :

1. Membantu Mengobati Sakit Gigi

Getah pohon kemiri dapat digunakan untuk membantu Anda dalam mengobati sakit gigi. Untuk penggunaannya, ambil getah pohon kemiri dengan menggunakan kapas, lalu tempelkan pada bagian gigi yang sakit selama 10 menit.

2. Membantu Mengobati Sariawan

Selain dapat mengobati sakit gigi, getah kemiri juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Cara penggunaannya pun hampir sama, yaitu tempelkan getah kemiri dengan menggunakan kapas pada bagian sariawan yang sakit.

3. Mengatasi Infeksi Jamur

Kemiri dapat digunakan untuk membantu Anda dalam menghilangkan infeksi yang disebabkan akibat jamur pada kulit. Infeksi jamur seperti panu, meskipun tidak terlalu bahaya tetapi dapat menyebabkan penderitanya menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasinya, oleskan kemiri yang telah dihaluskan pada kulit yang terinfeksi jamur.

4. Membantu Mengatasi Insomnia

Kemiri juga dapat digunakan sebagai obat dalam mengatasi insomnia atau susah tidur. Insomnia ini terjadi karena disebabkan oleh adanya permasalahan pada psikologis atau karena suatu penyakit. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengkonsumsi kemiri secara rutin untuk menyembuhkan insomnia.

5. Mencegah dan Mengobati Sembelit

Kemiri dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati sembelit. Dimana sembelit merupakan kondisi dimana seseorang mengalami frekuensi buang air besar yang jarang, tidak benar-benar tuntas, atau bahkan tidak bisa buang air besar sama sekali. Untuk mengatasinya, Anda dapat membuat ramuan kemiri untuk mengobati sembelit.

6. Mengobati Buang Air Besar Berdarah

Kulit batang pohon kemiri dapat digunakan untuk mengobati buang air besar (BAB) berdarah. Untuk penggunaannya, siapkan 20 gr kulit batang kemiri. Sebelum digunakan, cuci hingga bersih, kemudian rebus dengan air sebanyak 400 cc hingga tersisa 200 cc. Setelah itu, saring hingga bersih lalu minum selagi hangat.

7. Mengobati Gigitan Serangga

Kemiri juga dapat digunakan untuk diolah menjadi obat pereda gatal yang diakibatkan karena gigitan serangga. Untuk penggunaannya, ambil beberapa kemiri secukupnya dengan ditambah kunyit seukuran jari kelingking. Panggang kedua bahan tersebut, lalu haluskan. Gunakan bahan yang telah dihaluskan tersebut pada bagian tubuh yang gatal akibat gigitan serangga.

8. Membantu dalam Mengobati Diare

Manfaat kemiri untuk kesehatan lainnya yaitu dapat menjadi obat yang manjur untuk mengatasi diare. Untuk penggunaannya, siapkan batang kemiri sebanyak 20 gr. Kemudian haluskan dan rebus dengan air sebanyak 600 cc sampai tersisa setengahnya. Lalu saring dan bagi menjadi dua bagian, masing-masing 150 cc untuk diminum dua kali sehari.

9. Kesehatan Rambut

Manfaat kemiri untuk rambut. Kandungan protein dan mineral yang terkandung dalam buah kemiri mampu menguatkan bagian rambut, mulai dari akar hingga ujung rambut sehingga dapat menjaga kesehatan rambut.

 

TAG TERKAIT :
Kesehatan Gaya Hidup Hidup Sehat Berita kesehatan Manfaat kemiri bagi kesehatan

Berita Lainnya