Kesehatan

Bahan Pangan Nasi Baru Ini Bisa Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes

Indah Pratiwi - 16/11/2018 21:32

Beritacenter.COM - Mahasiswa asal Program Studi Pendidikan IPA dari Universitas Negeri Yogyakarta(UNY) berhasil mengubah umbi talas menjadi beras bagi penderita diabetes agar bisa dikonsumsi.

Bahan pangan ini merupakan hasil dari kreasi Mukti Syarifah, Muhammad Arif Nur Rohman dan Risha Kurnia Dwi Hartanti yang menemukan beras analog untuk penderita para pengidap diabetes.

"Karena itulah kami mencoba mencari solusinya, sekaligus membantu upaya diversifikasi pangan. Yakni mengolah bahan pangan lokal, seperti jagung, kacang-kacangan dan umbi-umbinya menjadi bahan-bahan alternatif sumber karbohidrat yang dapat diterima masyarakat. Khusus talas, indeks glikemiknya ketika diolah menjadi nasi cukup rendah yakni hanya 54, sedangkan beras padi indeks glikemiknya mencapai 89," kata Risha, Jumat (16/11/2018).

Ia berharap, beras analog yang ditemukannya ini dapat diterima oleh masyarakat. Selain itu, rasanya juga menyerupai beras yang membuat masyarakat khususnya penderita diabetes tidak perlu merubah pola makannya.

"Dari sini dapat disimpulkan bahwa beras analog dapat dikonsumsi sehari-hari bagi penderita diabetes maupun masyarakat untuk mengurangi kadar glukosa dalam tubuh," katanya.

Selain itu, beras analog tersebut, kata dia, mudah dimasak seperti beras yang berasal dari padi. "Untuk memasaknya sama dengan memasak nasi dari bahan beras dari padi," katanya.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya