Keuangan

Bank Indonesia Optimis Rupiah Akan Terus Membaik

Indah Pratiwi - 17/11/2018 18:02

Beritacenter.COM - Bank Indonesia (BI) optimis nilai mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) tidak melemah lagi hingga akhir tahun. Optimisme bank sentral berdasarkan data ekonomi nasional seperti inflasi yang positif sehingga menjadi energi bagi mata uang rupiah.

Menurut Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo, menegaskan sentimen tersebut menutup kelemahan atas meningkatnya defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD). Dan potensi ekonomi kedepan dinilai bisa terus seeing membaiknya rupiah.

"Bicara nilai tukar rupiah, data domestik kita positif. Memang CAD kita lemah tapi jangan lihat rentang ke belakang, melihat ke depan. Bank sentral punya kemampuan melihat ke depan untuk menentukan kebijakan," ujarnya di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (17/11/2018).

Dia menambahkan, pergerakan rupiah yang tidak lagi melemah ini karena sekarang nilainya sudah murah. Medline demikian, nilai tukar tidak sendirian dialami Indonesia.

"Juga negara berkembang lain, sehingga tidak sendirian menahan arus modal keluar karena tekanan dari negara maju," katanya.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya