Keuangan

Rupiah Bisa Menguat Rp13 Ribu Berkat Pertemuan G20

Indah Pratiwi - 30/11/2018 21:26

Beritacenter.COM - Nilai mata uang rupiah terhadap USD ditutup Rp14.301 per USD. Pertemuan G20 di Argentina akan berdampak kepada seluruh mata uang di dunia, termasuk Indonesia.

"Memang keadaan sekarang, rupiah masih suka naik turun tapi tidak seperti pertengahan tahun. Andai, Trump ketemu Xi meski tidak hebat-hebat benar (pertemuan tersebut) tetapi memberi perbedaan. Kita bisa punya ruang untuk penguatan rupiah, bahkan bisa tembus ke arah Rp13.000," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution,di Jakarta, Jumat (30/11/2018).

Jika Presiden AS Donald Trump tidak jadi bertemu dengan Presiden RRC Xi Jinping pun, rupiah bisa tetap perkasa. Saat ini, kata dia, pemerintah masih punya ruang untuk melakukan penguatan.

"Kita masih punya ruang untuk itu (melakukan penguatan). Dengan catatan tidak ada kejadian aneh-aneh. Dan kelihatannya, The Fed arahnya tidak menaikkan suku bunga pada Desember," kata Darmin.

Pemerintah Indonesia akan memanfaatkan momentum G20 itu. Yaitu meningkatkan arus modal ke Indonesia dan meningkatkan investasi untuk mendorong ekonomi nasional.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya