News

TGB Ajari Habib Bahar Bagaimana Ceramah yang Islami

Anas Baidowi - 06/12/2018 17:03

Beritacenter.COM - Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) menyayangkan cara ceramah ala Habib Bahar bin Ali bin Smith yang terkesan provokatif dan menjelek-jelekkan orang seperti itu. 

Baginya, ceramah dan dakwah harus sesuai ajaran Nabi Muhammad yang lebih mengedepankan akhlaq yang baik.

"Di dalam tuntunan agama itu kan, bernasihat satu sama lain itu kan kewajiban, termasuk bernasihat dari rakyat kepada pemimpin," kata TGB di gedung PBNU, Jakarta Pusat, Kamis (6/12/2018).

"Cuma masalahanya adalah bagaimana cara kita bernasihat, apakah bernasihat dengan mengumpat di podium itu cara yang diberikan tuntunannya oleh Nabi Muhammad SAW, saya fikir tidak seperti," imbuhnya.

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut menyampaikan bahwa Islam sangat lembut dan mengajarkan kepada kelembutan, termasuk dalam berdakwah.

Bahkan TGB pun menilai cara dakwah yang islami adalah meniru bagaimana Nabi berdakwah. Yakni bukan hanya isi kontennya yang baik, tapi cara berdakwahnya pun juga harus dengan cara yang baik pula.

"Jadi bernasihat itu harus dengan cara yang baik, tidak hanya substansinya baik, tapi caranya pun harus baik. Dan kalau menyampaikan sesuatu dengan cara yang tidak tepat itu bisa kontraproduktif, akhirnya timbul fitnah, dan akhirnya menjadi pergunjingan, dan kalau sudah terjadi pergunjingan maka apa yang diharapkan itu tidak mungkin terwujud," ujarnya.

Lebih lanjut, TGB juga mengajak kepada seluruh pemuka agama agar lebih arif dalam menyampaikan ceramahnya kepada para jamaah. Keadaban islami harus tetap dijunjung tinggi.

"Jadi saya fikir kita siapapun apalagi sebagai tokoh umat, kita berusaha semaksimal mungkin untuk menghadirkan keadaban islam, yang baik di ruang publik," tuturnya.

"Keadaban islam itu termasuk diantaranya pola interaksi kita jauhkan diri dari saling menghujat, mengumpat, apalagi sesama anak bangsa, termasuk kepada pemimpin-pemimpin kita," tutupnya. (***)

TAG TERKAIT :
Berita Center TGB Habib Bahar

Berita Lainnya