Keuangan

The Fed Naikan Suku Bunga

Indah Pratiwi - 20/12/2018 07:03

Beritacenter.COM - The Federal Reserve(The Fed) atau Bank Sentral Amerika Serikat(AS) mengumumkan menaikan suku bunga acuan sebesar seperempat poin pada Rabu(19/12) waktu setempat.

Akan tetapi, The Fed menurunkan proyeksinya untuk kenaikan suku bunga di tahun depan menjadi sebanyak dua kali.

Dilansir dari CNBC, Kamis (20/12/2018), seperti yang sudah diprediksi pasar, The Fed menaikkan suku bunga acuannya menjadi 2,25% hingga 2,50%. Ini merupakan kenaikan suku bunga keempat di tahun 2018 dan kesembilan sejak AS mulai melakukan normalisasi kebijakan sejak Desember 2015.

The Fed rencananya akan menurunkan proyeksi kenaikan suku bunga pada tahun depan 2019. Bila semula sekitar tiga kali maka pada 2019, The Fed menyatakan akan melakukan menaikkan suku bunga sebanyak dua kali. Ini mengisyaratkan siklus pengetatan kebijakan moneter AS mendekati akhir dalam menghadapi volatilitas pasar keuangan.

Dilansir Reuters, Jerome Powell yang merupakan Kepala The Fed, mengatakan alasan menurunkan proyeksi kenaikan suku bunga menjadi dua kali disebabkan ekonomi AS telah tumbuh pada tingkat yang kuat di pasar dan terus membaik.

Berita Lainnya