News

Tahan Johar Lin Eng, Eks Komisi Wasit dan Anaknya, Polisi Juga Periksa Komdis PSSI Mbah Putin

Aisyah Isyana - 28/12/2018 22:09

Beritacenter.COM - Satgas Anti Mafia Bola telah menahan anggota Komisi Eksekutif (Exco) PSSI, Johar Lin Eng, serta anggota Komisi Wasit PSSI Priyanto dan anaknya Anik Yuni Artika di Polda Metro Jaya. Mereka diduga terlibat dalam pengaturan skor Liga 2 dan Liga 3 di Jawa Tengah.

"Sudah, sudah dilakukan penahanan," kata Ketua Tim Media Satgas Antimafia Bola Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (28/12/2018).

Baca juga :

Sebelumnya polisi juga sudah membawa anggota Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, Dwi Irianto alias Mbah Putin dari Yogyakarta ke Polda Metro Jaya untuk diperiksa. Saat ini, Mbah Putin masih diperiksa secara intensif. Argo mengatakan, penahanan terhadap Mnah Putin akan diputuskan pada Sabu (29/12) besok.

"Untuk tersangka DI kan baru ditangkap, ya. Mungkin nanti setelah 24 jam baru kami terbitkan surat penahanan," ujarnya.

Argo mengatakan, tak menutuk kemungkinan ada pihak lain yang terlibat dalam kasus tersebut. "Sementara, ini. Tapi yang terpenting semua yang melihat, mengetahui, mendengar apalagi menikmati uang suap, akan kami periksa," ujarnya.

Untuk diketahui, Mbah Putin diamankan polisi di Yogyakarta dan dibawa ke Polda Metro Jaya untuk diperiksa secara intesif terkait kasus dugaan pengaturan skor. Mbah Putin diamankan polisi dariu sebuah hotel di Yogyakarta tadi pagi.

"Jadi ini baru sampai tadi sekitar jam 2-an tadi. Sekarang masih dalam pendalaman penyidik, kami periksa di Polda Metro Jaya," jelas Argo.

"Kemudian juga tadi pagi kami menangkap tersangka satu lagi inisial DI. Kami tangkap di Jogja sekitar jam 10-an di salah satu hotel. Sebelumnya kami sudah mencari yang bersangkutan ternyata di rumahnya tidak ada. Akhirnya kami mencari ke mana-mana nggak ada, akhirnya kami bisa mendapat informasi yang bersangkutan ada di salah satu hotel di Yogyakarta. Kami sudah tangkap dan siangnya kami terbangkan ke Jakarta," imbuhnya.

Keempat tersangka itu dijerat dengan dugaan tindak pidana penipuan dan/atau penggelapan dan/atau tindak pidana suap dan/atau tindak pidana pencucian uang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 378 KUHP dan/atau Pasal 372 KUHP dan/atau UU No 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap dan/atau Pasal 3, 4, 5, UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU.

TAG TERKAIT :
PSSI Komdis PSSI Satgas Anti-Mafia Bola Kasus Dugaan Pengaturan Skor Mbah Putin

Berita Lainnya