Politik

Habib Luthfi Marah Ada Teriakan Ganti Presiden di Acara Haul, TKN Jokowi: Tak Etis, Gak Menghargai Haul

Tidak etis (teriak ganti presiden di acara haul), dong. Itu haul orang, jangan kaitkan politik lah, makanya Habib Luthfi juga marah karena itu ada dikaitkan unsur politik

Aisyah Isyana - 02/01/2019 07:12

Beritacenter.COM - Insiden sekelompok orang yang meneriaki ganti presiden usai acara haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi membuat Habib Luthfi bin Yahya berang. Dia bahkan sempat bertanya kepada massa yang berteriak 'dapat upah berapa kalian'.

Menanggapi peristiwa itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf menilai teriakan 'ganti presiden sangat tak etis disuarakan di acara haul. TKN Jokowi-Ma'ruf meminta agar acara keagamaan jangan sampai dikait-kaitkan dengan politik.

Baca juga :

"Tidak etis (teriak ganti presiden di acara haul), dong. Itu haul orang, jangan kaitkan politik lah, makanya Habib Luthfi juga marah karena itu ada dikaitkan unsur politik. Selama ini sesuatu dikaitkan politik, itu kan nggak menghargai haul," kata juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Arya Sinulingga, kepada wartawan, Selasa (1/1/2019).

Panitia acara Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi, Habib Ali bin Hasan Al Habsyi, membenarkan peristiwa Habib Lutfi yang terekam dalam sebuah video tengah memarahi orang-orang yang meneriaki '2019 ganti presiden'. Menurutnya, peristiwa itu terjadi di luar lokasi acara haul.

Sebagaimana terekam dalam video, Habib Lutfi tampak membalikkan badan saat mendengar teriakan '2019 ganti presiden'. Tak beberapa lama Habib Luthfi pun berbicara kepada orang-orang yang meneriakan kalimat itu, "Haul adalah haul, bukan yang lain. Dapat upah berapa kalian? Jangan kotori haul ini! Jangan kotori haul ini!" kata Habib Luthfi.

Atas adanya insiden itu, Arya meminta agar acara keagamaan tidak dikait-kaitkan dengan unsur politik. Dia juga meminta agar oknum-oknum yang meneriaki kalimat itu menghargai tuan rumah yang mengadakan acara haul tersebut.

"Segala sesuatu ada tuan rumahnya, bagaimana dan menghargai tuan rumahnya, mau bagaimana tuan rumah yang menentukan," tutur dia.

Sekedar diketahui, acara haul itu turut dihadiri cawapres 02, Sandiaga Uno. Namun, cawapres pasangan Prabowo Subianto itu datan dihari yang berbeda dengan peristiwa Habib Luthfi memarahi massa yang berteriak '2019 ganti presiden'.

"Habib Luthfi datang hari Minggu, Sandi datang hari Sabtu, jadi nggak ketemu. Kalau Habib Luthfi tidak setuju (dengan kehadiran Sandiaga), pasti tidak akan datang ke haul. Beliau pun marah karena tidak mau acara haul dikotori dengan politik," kata Habib Ali bin Hasan Al Habsy, Senin (31/12).

TAG TERKAIT :
Politik Pilpres 2019 Habib Luthfi Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi Habib Luthfi bin Yahya

Berita Lainnya