Bisnis

Begini Nasib Usaha Laundry Usai Disebut Gubernur Penyebab Kali Item Diselimuti Busa

Indah Pratiwi - 03/01/2019 12:33

Beritacenter.COM - Usaha laundry atau cuci pakaian maupun kendaraan yang berada di wilayah Jakarta akan diatur ulang usai disebut jadi penyebab kali item diselimuti busa tebal di wilayah Jakarta Utara.

"Kita di Jakarta akan mengatur juga tentang di mana-mana saja, kita boleh melakukan pencucian mobil, tempat laundry, karena itu yang melakukan secara massal," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat ditemui di Pondok Kopi, Jakarta Timur, Kamis (3/1/2018).

Dia melanjutkan, program pembangunan pengaturan pengelolaan air limbah(IPAL) yang berada di kampung-kampung akan ditingkatkan lagi. Program tersebut diakui sempat tertunda pada 2018 lantaran keterlambatan lelang.

"Solusinya adalah nomor satu hulunya, istilahnya adalah soft detergent, bukan hard detergent. Ini sudah harus dipikirkan. Saya berharap Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, me-review kembali standard itu," tutur Anies.

Sebelumnya, kali item yang berada di belakang Wisma Atlet Kemayoran sempat viral di media massa lantaran kali tertutup busa tebal. Busa-busa tersebut rupanya mengganggu aktivitas warga lantaran sampai berterbangan di udara saat angin bertiup di sekitar kawasan.

"Kita lihat bahwa limbah detergen dari berbagai sumber, khususnya rumah tangga itu sangat luar biasa tinggi," kata Anies.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya