Internasional

Hubungan Taiwan-Tiongkok Memanas, AS Beri Respon...

Indah Pratiwi - 04/01/2019 09:48

Beritacenter.COM - Militer Amerika Serikat(AS) yang berbasis di Okinawa, Jepang, melakukan latihan militer dengan melakukan peningkatan latihan penembakan rudal untuk melawan agresor China atau Tiongkok.

“Latihan itu juga melibatkan peluncur roket mobile sebagai langkah antisipasi untuk potensi serangan dari rudal balistik darat ke laut milik China,” papar laporan media Sankei Shimbun, Jumat(4/1/2018).

Latihan itu dilakukan akibat imbas sering melintasnya kapal perang China yang mendekat ke wilayah Okinawa yang merupakan pangkalan mayoritas tentara AS di Jepang. Aktivitas militer China semakin aktif seiring pernyataan Presiden China Xi Jinping yang akan menggunakan kekuatan militer jika Taiwan tidak ingin bersatu.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menekankan kekuasannya tidak akan menerima aturan politik "satu negara, dua sistem" dengan China. Tsai juga mendesak China untuk memahami pemikiran dan kebutuhan rakyat Taiwan sebagai negara demokrasi.

Sedangkan Presiden China Xi Jinping menggertak bahwa tidak ada yang dapat mengubah fakta Taiwan bagian dari China. Menurutnya, reunifikasi harus dilakukan, termasuk menggunakan kekuatan militer apabila diperlukan.

"Sebagian besar rakyat Taiwan jelas menyadari bahwa kemerdekaan Taiwan akan mengarah pada 'bencana besar'. China tidak akan menyerang orang-orang China. Kami bersedia menggunakan ketulusan dan kerja keras untuk berjuang demi prospek penyatuan kembali secara damai," kata Xi Jinping.

"Kami tidak berjanji untuk meninggalkan penggunaan kekuatan dan mencadangkan pilihan untuk menggunakan semua tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan ini dan mencegah kemerdekaan Taiwan," ujarnya.

 

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya