Kriminal

Ringkus Dua Pemburu, Polisi Selamatkan 79 Ekor Kukang Jawa di Majalengka

Aisyah Isyana - 09/01/2019 23:43

Beritacenter.COM - Dua pelaku pemburu hewan langka dan dilindungi jenis Kukang Jawa, berhasil diringkus polisi. Dari tangan pelaku berinisial YY (47) dan YN (40), polisi berhasil menyelamatkan 79 ekor Kukang Jawa.

Penangkapan terhadap kedua pelaku dilakukan personel Satreskrim Polres Majalengka di lokasi penampungan hewan langka milik pelaku di Dusun Citayeum, Desa Cibodas, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

"Kita amankan 79 satwa langka jenis Kukang Jawa dan menangkap dua pelaku. Penggrebekan ini tindak lanjut dari laporan warga," kata Kapolres Majalengka AKBP Mariyono melalui pesan singkatnya, Rabu (9/1/2019).

Mariono mengatakan, kedua pelaku yang merupakan warga Majalengka ini memang diduga menjadi pemburu dan penjual kukang jawa. Tak hanya mengamankan 79 ekor kukang jawa, polisi juga mendapati 39 keranjang putih dan dua kandang yang terbuat dari kayu.

"Kedua tersangka ini melakukan tindak pidana, menangkap hewan langka yang dilindungi undang-undang. kemudian dikumpulkan di sebuah kandang kayu, setelah hewan tersebut terkumpul banyak, kemudian rencananya akan dijual," ucap Mariyono.

Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, kedua pelaku dijerat pasal 21 ayat 2 huruf (a) juncto pasal 40 ayat 2 huruf (a) undang-undang nomor 5/1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan Permen Lingkungan Hidup tentang tumbuhan dan satwa yang dilindungi. "Tersangka diancam kurungan penjara lima tahun," katanya.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Satwa Dilindungi Hewan Langka Polres Majalengka Kukang Jawa

Berita Lainnya