Politik

Capres Prabowo Subianto Dilaporkan ke Bawaslu

Indah Pratiwi - 16/01/2019 17:10

Beritacenter.COM - Calon presiden Prabowo Subianto dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) terkait dugaan melakukan kampanye di media massa di luar jadwal yang diatur undang-undang dan KPU.

Sekelompok masyarakat yang menamakan diri mereka Kantor Bantuan Hukum Kebangkitan Indonesia Baru (KBH-KIB) melaporkan Capres urut 02 Prabowo Subianto ke Bawaslu.

"Pada saat tanggal 14 Januari, Bapak Prabowo dan Sandiaga Uno, kami lihat dan kami simpulkan bahwa melanggar tentang dugaan kampanye pemilu. Artinya sebelum kampanye pemilu itu dilaksanakan, dia sudah lebih dahulu," kata Ketua KBH-KIB Mangaraja Simanjuntak di Kantor Bawaslu, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Berdasarkan laporan hukum KBH-KIB Abisay Gurning. Bawaslu sudah menerima laporan itu dengan nomor laporan 04/LP/PP/RI/00.00/I/2019.

Prabowo telah melanggar Pasal 276 aya (2) Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum. Dalam pasal itu disebut kampanye di media massa penyiaran baru boleh dilakukan 21 hari sebelum masa tenang.

"Diharapkan adalah agar Bawaslu bisa menindaklanjuti laporan kami agar ini menjadi pendidikan bagi masyarakat karena beliau (Prabowo) adalah orang terbaik untuk bangsa Indonesia, artinya harus mengikuti aturan hukum yang baik," jelas Mangaraja.

Pada hari yang bersamaan, Prabowo juga dilaporkan Barisan Advokat Indonesia (Badi) ke Bawaslu. Laporan Badi juga serupa dengan KBH-KIB. Prabowo juga dituding telah melanggar Pasal 24 Peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Kampanye.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya