Politik

Soal Pembangunan Infrastruktur, Jokowi: Kalau Saya Orang Politik, Bangun di Jawa Saja

Fani Fadillah - 12/02/2019 15:21
Presiden Joko Widodo

Beritacenter.COM - Saat membuka Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019 di Pusdiklat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sawangan, Depok, Jawa Barat, Selasa (12/2/2019), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung soal pembangunan infrastruktur yang merata di era pemerintahannya.

Baca juga:

Menurut Jokowi, jika dirinya berpikir politis, maka pembangunan akan dia lakukan hanya di Pulau Jawa saja.

"Sebetulnya kalau saya orang politik, kalau saya orang politik, bangun itu di Jawa saja. Karena 149 juta penduduk kita ini ada di Jawa. Return politiknya cepat, ekonomi juga cepat. Tapi kita membangun negara," kata Jokowi.

Ia menjelaskan selama hampir lima tahun membangun negeri, kebijakan pemerintah lebih difokuskan pada pembangunan infrastruktur. Tujuannya agar Indonesia memiliki fondasi yang kuat untuk bersaing dengan negara lain.

"Karena memang daya saing kita rendah. Bandingkan biaya logistik transportasi kita dengan Malaysia, Singapura, 2 sampai 2,5 kali lipat lebih mahal di kita. Karena jalan nggak baik, airport kurang, pelabuhan nggak siap yang menyebabkan kalah bersaing," kata Jokowi.

Selain itu, kata Jokowi, pembangunan itu dilakukan juga semata-mata demi keadilan sosial di Indonesia. Contohnya seperti kondisi harga BBM di Papua yang dulu mahal dan kini sudah lebih murah berkat pembangunan.

"Orang sering beranggapan ini kaitannya dengan ekonomi, infrastruktur, bukan. Tetapi ada urusan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Ada urusan yang berkaitan dengan persatuan," katanya.

"Kita sebagai sebuah negara besar dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote. Ini yang sering orang tidak merasakan," tuntasnya.

TAG TERKAIT :
Jokowi Jokowi-Ma'ruf Amin Jokowi Hebat

Berita Lainnya