Kriminal

Polisi Ringkus Order Fiktif Gojek Online Yang Raup Rp10 Juta Sehari

Indah Pratiwi - 14/02/2019 10:33

Beritacenter.COM - Polda Metro Jaya(PMJ) meringkus para pelaku yang menggunakan modus order fiktif ojek angkutan online yang meraup hasil hingga Rp10 juta perhari. Aksinya ini terbongkar yang rupanya menggunakan beberapa angkun.

"Dalam sehari satu akun mendapat keuntungan Rp350 ribu, tapi tiap orang memiliki 15 hingga 25 akun. Mereka mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat. Kalikan saja per akun Rp350 ribu, ada empat orang, dan dilakukan setiap hari," ujar Kabid Humas PMJ kepada wartawan, Kamis (14/2/2019).

Aksi modus itu, kata dia, diketahui lantaran ada penyelidikan yang dilakukan oleh pihak Gojek yang kemudian melaporkannya ke polisi. Empat pelaku yang dilacak langsung diringkus.

Dia melanjutkan, masing-masing pelaku berinsial RP, RW, CP, dan KA kemudian diciduk di Komplek Ruko Duta Mas, Jelambar, Jakarta Barat.

"Dengan kemampuan teknologi, Subdit Cybercrime akan melacaknya. Termasuk mencari jumlah total kerugian yang dialami GO-JEK," katanya.

Akibat perbuatan tersangka, para pelaku disangkakan Pasal 35 Juncto Pasal 51 Ayat (1) UU Nomor 19/2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman hukuman pidana 12 tahun penjara atau denda paling banyak Rp12 miliar.

Berita Lainnya