Kriminal

Muncikari Prostitusi Online Bertarif Rp 2 juta di Balikpapan Diciduk Polisi

Fani Fadillah - 14/02/2019 18:31
Ilustrasi

Beritacenter.COM - Jaringan prostitusi online bertarif Rp 1-2 jutaan berhasil diungkap Satreskrim Polres Balikpapan, Kalimantan Timur. Dalam menjalankan aksinya, pelaku menggunakan fasilitas chatting MiChat, kini muncikari bernama Adi Setianto (22) harus meringkuk di penjara.

Baca juga:

Penangkapan muncikari dilakukan Sabtu (9/2) malam, oleh ke polisian yang menyamar, di salah satu hotel berbintang di Balikpapan. Sebelumnya polisi mengendus prostitusi online, menawarkan bisnis esek-esek melalui MiChat.

"Benar. Jadi anggota lidik dan pesan (Booking) melalui MiChat, dan dalam penyamaran, disepakati harga Rp 1,8 juta per wanita," kata Kasat Reskrim Polres Balikpapan, AKP Makhfud Hidayat, Kamis (14/2).

Bersama dengan terduga muncikari, usai menyepakati tarif kencan dengan wanita yang ditawarkan, akhirnya bertemu di salah satu hotel. Saat itu, terduga muncikari membawa 2 wanita sesuai pesanan. "Iya, kita bayar DP (Down Payment) Rp 1 juta (per wanita). Sisanya (Rp 800 ribu), dibayar setelah kencan," ujar Makhfud.

"Waktu kita bayar DP itu, kita langsung lakukan penangkapan di hotel. Terduga muncikari AS, warga Samarinda, kita bawa ke kantor, bersama bukti uang antara lain Rp 1 juta dan alat kontrasepsi," tambah Makhfud.

Dalam keterangannya kepada penyidik, terduga muncikari Adi Setianto, mematok tarif Rp 1 juta-Rp 2 juta sekali kencan per wanita. "Dari pengakuannya, cuma ada 2 orang teman wanita yang dia tawarkan," ungkap Makhfud.

Kendati demikian, lanjut Makhfud, polisi tidak mempercayai begitu saja pengakuan AS. "Kami sekarang sedang mengembangkan kasusnya. Tidak menutup kemungkinan ada muncikari lainnya, dan ada korban wanita lainnya," terang Makhfud.

Adi Setianto, kini meringkuk di penjara. Dia dijerat dengan UU No 21/2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang. "Telepon selular juga kami jadikan barang bukti kasus prostitusi online ini," pungkas Makhfud.

TAG TERKAIT :
PSK Prostitusi Online

Berita Lainnya